32.5 C
Jakarta
Rabu, 23 Agustus 2017

Waspada, Tiga Pintu Air di Jakarta Status Siaga III

Foto: NTMC

Jakarta, Sayangi.com – Pusat Kendali Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan ketinggian air tiga pintu air di wilayah Jakarta memasuki status Siaga III.

“Hujan deras yang sudah mengguyur Jakarta sejak Jumat sore ini membuat Sungai Ciliwung meluap, sehingga ketinggian air di sejumlah pintu air juga ikut meningkat,” kata petugas Pusdalops BPBD DKI Desmanto di Balai Kota, Jakarta, Jumat (8/11/2013).

Ia mengatakan kondisi Siaga III di tiga pintu air tersebut sudah berlangsung sejak pukul 18.00 WIB, sehingga warga diimbau untuk selalu waspada terhadap bencana banjir.

Ketiga pintu air yang dimaksud, di antaranya pintu air Manggarai yang pada pukul 16.00 WIB ketinggian air tercatat 780 centimeter, kemudian pada pukul 18.00 WIB sudah mencapai 800 centimeter.

Selain pintu air Manggarai, ada pula pintu air Pasar Ikan dengan ketinggian mencapai 196 centimeter dan pintu air Karet dengan ketinggian air 550 centimeter.

Ia mengatakan kondisi pintu air lainnya masih dalam kondisi normal atau Siaga IV, yakni Angke Hulu 120 centimeter, Pesanggrahan 75 centimeter, Krukut Hulu 60 centimeter, Katulampa 50 centimeter, Depok 95 centimeter, Cipinang Hulu 120 centimeter, Sunter Hulu 70 centimeter, Pulo Gadung 360 centimeter, dan Waduk Pluit 200 centimeter.

“Kalau hujan deras terus-terusan turun maka ketinggian di pintu-pintu air bisa terus meningkat. Keadaan seperti ini diperkirakan bisa berlangsung sampai pukul 21.30 WIB,” ujar Desmanto.

Dia mengatakan kondisi tersebut juga dapat meluas ke beberapa wilayah di DKI, antara lain Tanah Abang, Gambir, Tomang, Ciledug, Kebayoran, Pondok Indah, Cilandak, Ragunan, Blok M, Pondok Cabe, Cinere, Depok, Halim, TMII, Cempaka Putih, Cibubur, Pondok Gede, dan sekitarnya.

Selain peningkatan ketinggian air di sejumlah pintu air, BPBD juga mencatat terjadinya peningkatan aktivitas pembentukan awan hujan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangeran, dan Bekasi (Jabodetabek).

“Dengan demikian, berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan juga disertai kilat atau petir di wilayah Jabodetabek,” katanya.

Dia mengatakan sejumlah wilayah yang berpotensi hujan lebat, yaitu Meruya, Joglo, Kembangan, Kedoya, Kebon Jeruk, Palmerah, Slipi, Senayan, Sudirman, Matraman, Salemba, Jatinegara, Menteng, Kampung Melayu, Cakung, Bekasi, Kelapa Gading, Rawamangun, Pulogadung, Pondok Kelapa, dan sekitarnya. (MI/Ant)

Berita Terkait

BAGIKAN