Program Jakarta Bersih, Jokowi Bagi-bagi Tong Sampah

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Pemprov DKI Jakarta akan melakukan penyebaran ribuan tong sampah di seluruh wilayah DKI. Sarana tersebut disiapkan untuk menampung produk masyarakat yang dikeruk dari puluhan saluran.

“Untuk menjaga kebersihan di Ibu Kota harus ada peran serta masyarakat. Karena untuk membersihkan sampah mudah melakukannya, tetapi untuk menjaganya yang sulit. Ya kalau dibersihkan terus menerus bersih. Nanti diem sebentar kotor lagi,” Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), kepada wartawan di Balai Kota DKI, Sabtu (9/11).

Menurut Jokowi, tong-tong sampah tersebut nantinya akan ditempatkan di daerah-daerah yang masih kekurangan tong-tong sampah. Saat ini, jumlah tong sampah di yang tersebar di DKI Jakarta masih terbatas. “Dua minggu ini kita siapkan, tong-tong sampah untuk di kelurahan dan jalan,” ujar Jokowi.

Diungkapkan Jokowi, penempatan tong-tong sampah itu nantinya akan diprioritaskan di tempat-tempat keramaian, seperti taman, jalan, dan pemukiman yang berdekatan dengan sungai. Kata Jokowi, pihaknya juga saat ini sedang berusaha untuk membersihkan sampah di setiap sudut Ibu Kota.

Ke depan, Jokowi akan membangun budaya bersih untuk masyarakat. Salah satunya melalui penyuluhan yang dilakukan oleh pihak kelurahan dan kecamatan. Bahkan gruop band Slank juga telah digandeng untuk mengkampanyekan hidup bersih.

“Kalau penyuluhan kita sudah melakukan terus menerus. Tapi sekali lagi butuh waktu,” tegas Jokowi. (GWH)