Pengunjung Hang Nadim Keluhkan Akses Keluar Bandara

Foto : coretanalif.wordpress.com

Batam, Sayangi.com – Penggunjung Bandara Internasional Hang Nadim mengeluhkan kemacetan yang sering terjadi saat hendak meninggalkan bandara milik Badan Pengusahaan (BP) Batam tersebut.

“Untuk mengantre dari depan pintu kedatangan hingga bisa keluar dari kawasan bandara membutuhkan waktu lebih dari 15 menit. Padahal jaraknya hanya beberapa ratus meter saja,” kata seorang pengunjung bandara, Ahmad di Batam, Rabu.

Ia mengatakan, hal tersebut karena tiga akses keluar untuk kendaraan roda empat di bandara tersebut tidak lagi cukup untuk mengurai kepadatan pengunjung.

“Hal ini sangat menghambat bagi kami, terutama saat ada tamu yang padat acara di Batam dan ingin cepat sampai ditempat acara. Padahal jumlah pengunjung bandara sedang padat,” kata dia.

Pengguna kendaraan lain, Yudi mengatakan kemacetan juga dipengaruhi tidak cakapnya petugas parkir pada pintu keluar.

“Mereka terkadang sangat lama. Padahal mobil yang hendak keluar sudah menumpuk. Saking tidak sabarnya, banyak pengemudi membunyikan ‘klakson’ keras-keras,” kata dia.

Kekacauan parkir Bandara Internasional Hang Nadim Batam sudah terjadi sejak lama. Bahkan petugas meminta dukungan TNI AU yang bertugas di bandara tersebut untuk mengurai kemacetan. Jika ada mobil yang diparkir sembarangan jiga dikempesi.

Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho mengatakan akan menambah jumlah pintu keluar kawasan bandara dengan sistem tandem.

“Kami sudah merencanakan untuk penambahan akses keluar untuk mengurai kemacetan karena tingginya peningkatan jumlah pengguna bandara,” kata dia.

Penambahan akses keluar, kata dia, termasuk dalam rencana pengembangan bandara dengan landas pacu terpanjang di Asean tersebut.

“Kami memang tengah fokus membenahi dan menambah kapasitas bandara agar mampu menampung seluruh pengguna termauk penambahan pesawat seiring banyaknya jalur baru yang dibuka melalui Batam,” kata Djoko. (MD/Ant)

Berita Terkait

BAGIKAN