Lowongan Pejabat BP Batam Untuk Tujuh Orang

Tanjungpinang, Sayangi.com – Tim seleksi pemilihan kepala dan anggota Badan Pengusahaan (BP) Batam mengatakan terdapat tujuh posisi jabatan di badan tersebut untuk periode lima tahun mendatang.

“Jumlah peserta lulus uji kelayakan dan kepatutan yang akan ditetapkan oleh Ketua Dewan Kawasan Perdagangan Bebas (FTZ) Batam, Bintan dan Karimun (BBK) untuk mengisi jabatan di BP Batam adalah untuk tujuh orang,” kata Ketua Tim Seleksi, Muhammad Imam Santoso di Tanjungpinang, Rabu (13/11).

Imam mengatakan posisi tersebut adalah untuk Kepala BP Batam, Wakil Ketua BP Batam dan lima orang anggota. “Jabatan itu untuk lima tahun mendatang,” ujar Imam.

Menurut dia, meski penetapan pejabat BP Batam tersebut sepenuhnya wewenang Ketua Dewan Kawasan FTZ BBK Muhammad Sani yang juga Gubernur Kepulauan Riau, namun tetap diadakan penerimaan melalui uji kelayakan dan kepatutan untuk mencari orang yang mampu mengembangkan BP Batam.

“Sebelumnya penunjukan langsung, sekarang Ketua Dewan Kawasan FTZ BBK ingin penerimaan lebih terbuka dan melalui uji kelayakan dan kepatutan sehingga didapat orang yang layak,” ujarnya.

Menurut dia, tim yang beranggotakan Wakil Sekretaris Dewan Kawasan Astoerullah Aziz, Plt Sekda Kepri Robert Iwan Loriaux, Nada Soraya dari Kadin dan Marlia Sari Dewi dari kalangan kademisi hanyalah sebagai fasilitator.

“Ujian tertulis atau uji kelayakan dan kepatutan nantinya kami serahkan kepada tim konsultasi dari Universitas Indonesia yang sudah berpengalaman untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan sejumlah direktur di BUMN,” ujarnya.

Imam meyakinkan bahwa untuk pemilihan pejabat BP Batam tersebut tidak ada intervensi atau orang-orang titipan yang sudah dikondisikan untuk mengisi jabatan itu.

“Yang dicari adalah orang yang berkualitas untuk memajukan BP Batam, kami merekomendasikan kepada Ketua Dewan Kawasan siapa-siapa orang yang nantinya sangat disarankan untuk itu,” ujarnya.

Pendaftaran penerimaan untuk pejabat BP Batam tersebut sudah diumumkan sejak 6 November dan akan berakhir pada 16 November 2013 pukul 16.00 WIB, sedangkan untuk ujian tertulis dimulai pada 18 November 2013 di Tanjungpinang.

Hingga saat ini sudah terdapat sebanyak delapan orang pejabat yang mendaftarkan diri, termasuk Plt Gubernur Riau, Mambang Mit dan sejumlah pejabat BP Batam serta pegawai dan pensiunan pegawai negeri sipil. (ANT)

Berita Terkait

BAGIKAN