Zainudin Amali Ajak ARB Nonton Wayang Kulit

Foto: Sayangi.com/Istimewa

Surabaya, Sayangi.com – Ketua DPD Golkar Provinsi Jawa Timur menggelar pertunjukan wayang kulit sebagai puncak dari rangkaian perayaan HUT ke-49 Partai Golkar di halaman kantor DPRD Jatim Jalan Indrapura Surabaya, Selasa (12/11) malam . Pada kesempatan tersebut Ketua DPD Partai Golkar Jatim Zainudin Amali mengajak Ketum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie (ARB) menikmati pertunjukan wayang semalam suntuk tersebut.

Dalam sambutannya, ARB yang juga Calon Presiden dari Partai Golkar mengutip petuah jawa dan melafalkannya dengan bahasa Jawa.
 
Ojo nganti wong Jowo ilang jawa-ne, sing kari jahile. Jangan sampai orang Jawa kehilangan identitas Jawanya, dan yang tersisa hanya kulit berwarna cokelat tapi jiwanya kebarat-baratan,” kata ARB.

Sementara itu Zainudin Amali sebagai Ketua DPD PG Jatim dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pagelaran wayang kulit itu dimaksudkan untuk membangkitkan kembali gairah masyarakat supaya mencintai kesenian tradisional daerah, khususnya wayang yang sudah hidup berabad-abad di tengah masyarakat Jawa. Zainudin Amali -yang baru saja dilantik siang harinya di Gedung JX International Surabaya oleh Ketum DPP PG di hadapan lebih dari 6000 kader PG serta undangan lainnya yang dihadiri juga oleh Gub Jatim Sukarwo itu- menegaskan komitmen Partai Golkar terhadap pelestarian kesenian tradisional Jawa Timur serta pengembangan budaya daerah sebagai bentuk tanggung jawab Partai Politik dalam kiprahnya di tengah-tengah Masyarakat.

“Kami senang dengan sambutan masyarakat seperti ini, berarti apa yg disuguhkan oleh Partai Golkar dalam rangka HUT yang ke-49 ini bisa diterima oleh Masyarakat,” sambut Zainudin.

Antusiasme masyarakat yang menonton kesenian tradisional Jawa tersebut sudah terlihat sejak sore hari. Beberapa jam sebelum pagelaran dimulai sudah byk yg berdatangan ke halaman DPRD Jatim.

Pagelaran wayang itu mengambil lakon berjudul “Wahyu Waringin Agung” dengan dalang Ki Sunaryo yang juga adalah Wakil Ketua DPRD Jatim yang juga adalah mantan Wagub Jatim di masa Gub Imam Utomo. Pertunjukan tersebut disirkan secara Live oleh JTV hingga jam 04.00 subuh.