WWF Apresiasi Unilever Dukung Petani Sawit Indonesia

Foto : wwf.or.id

Jakarta, Sayangi.com – WWF-Indonesia mengapresiasi komitmen perusahaan Unilever yang mendukung Asosiasi Petani Sawit Swadaya Amanah untuk memperoleh sertifikat RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil) guna pengelolaan sawit lestari.

“WWF-Indonesia mengapresiasi komitmen Unilever untuk mendukung petani sawit swadaya pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikasi RSPO,” kata CEO WWF-Indonesia Efransjah dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (13/11).

Ia memaparkan, Asosiasi Petani Sawit Swadaya Amanah yang beranggotakan 350 petani dan berlokasi di Kabupaten Ukui, Riau, memperoleh sertifikat RSPO untuk pengelolaan sawit lestari dan berhasil mengikat komitmen Unilever.

Dukungan itu, ujar dia, akan membantu para petani lokal dalam menjaga kinerja sesuai dengan standar pengelolaan kelapa sawit swadaya serta menginvestasikannya untuk peningkatan keahlian dan kapasitas mereka.

“Kami mengharapkan ini dapat menjadi motivasi bagi petani swadaya lainnya dalam mengarusutamakan prinsip kelestarian dalam praktik mereka. Pada saat bersamaan, kami juga berharap agar perusahaan mau berkomitmen untuk mendukung kelompok petani swadaya yang bersertifikat RSPO dalam pertumbuhan mereka,” katanya.

Selain itu, selama proses fasilitasi yang dilakukan oleh WWF-Indonesia, dukungan untuk Amanah terus berdatangan dari Kementerian Pertanian, Pemerintah tingkat provinsi dan kabupaten di Riau, RSPO, Asian Agri dan Carrefour Foundation International.

Setelah berhasil memperoleh sertifikat, tantangan berikutnya adalah untuk mengamankan dukungan pasar untuk produk mereka.

Sedangkan Direktur Sustainable Sourcing and Smallholder Development Unilever Cherie Tan menyatakan hasil positif yang diperoleh merupakan kerja sama dengan petani swadaya, RSPO, dan WWF, juga menjadi bukti bahwa pola kemitraan adalah langkah yang paling tepat dalam mentranformasi industri sawit, menghentikan deforestasi, dan memberikan dampak sosial yang positif.

“Kami berterimakasih untuk peranan WWF dan pihak lain yang terlibat dalam membantu petani swadaya untuk memperoleh sertifikat RSPO mereka,” kata Cherie Tan.

Sebagaimana diketahui, Unilever adalah salah satu dari perusahaan yang memperoleh nilai tertinggi dalam Palm Oil Scorecard 2013 yang dikeluarkan oleh WWF baru-baru ini.

Laporan dua tahunan ini mengukur performa perusahaan ritel dan produsen barang konsumsi terkait komitmen mereka untuk mendukung dan membeli produk minyak sawit bersertifikat RSPO. (MD/Ant)

 

Berita Terkait

BAGIKAN