Tyson: Saya Sudah Dijejali Alkohol Sejak Bayi …

Foto: bbc/gettyimage

New York, Sayangi.com – Mantan juara dunia sejati tinju di kelas berat, Mike Tyson mengakui memakai obat-obatan terlarang saat turun di beberapa pertandingan.

“Saya pernah menjadi pemakai berat kokain,” kata Tyson dalam otobiografinya, The Undisputed Truth, yang terbit hari Selasa (12/11). Dalam buku ini Tyson menulis bahwa ia mengonsumsi narkoba sampai beberapa saat sebelum laga melawan petinju Inggris, Danny Williams pada 2004. Tyson menderita kekalahan di laga ini.

Ia juga mengaku masih dalam pengaruh narkoba saat menghadapi Lou Savarese di Glasgow pada Juni 2000. Tyson menjelaskan, ia mengonsumsi kokain sebelum keterangan pers bersama Lennox Lewis di New York, Januari 2002, yang berakhir dengan perkelahian di antara dua kubu. “Saya kehilangan akal sehat. Yang ada dalam otak saya adalah saya ingin memukulnya,” ungkap Tyson.

Pria yang kini berusia 47 tahun dan mundur dari dunia tinju tersebut mengungkapkan, konsumsi narkoba ini tidak terdeteksi karena ia memakai urine orang lain saat menjalani pemeriksaan. Petinju yang mendapat julukan Si Leher Beton dan Tank Mini ini mengatakan ketergantungan akan obat-obatan terlarang berawal pada usia 11 tahun saat ia mencicipi kokain.

Tyson juga mengklaim bahwa saat bayi ia diberi alkohol. Agustus lalu ia mengatakan nyaris sekarat akibat kecanduan berat minuman keras. Tyson dikenal sebagai juara dunia termuda di kelas berat versi badan tinju dunia WBC, WBA, dan IBF. Gaya bertinjunya dinilai brutal dan sering menjatuhkan lawan dalam hitungan menit. Ia mengalami kemunduran di fase akhir kariernya dan buku ini untuk pertama kalinya mengungkap rincian ketergantungannya atas alkohol dan obat-obatan terlarang.

Di buku ini Tyson mengatakan menyesalkan tindakannya tersebut yang ia katakan membuat dirinya menjadi sangat temperamental. (MSR/BBC)

Berita Terkait

BAGIKAN