Tahun Depan Ada 25 Proyek Besar Senilai Rp 380 Triliun

Ilustrasi foto: executivechase.com

Jakarta, Sayangi.com – Ada 20 hingga 25 proyek prioritas berskala besar yang akan diluncurkan tahun depan, dengan total investasi tak kurang dari Rp 380 triliun atau 35 miliar dolar AS.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengemukakan, proyek-proyek prioritas itu menggunakan skema kerjasama Pemerintah dan swasta (Public Private Partnership/PPP), agar lebih transparan dan akuntabel. “Persiapan proyek-proyek prioritas itu merupakan wujud komitmen pemerintah untuk terus mengakselerasi pembangunan infrastruktur demi meningkatkan kualitas pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan iklim investasi di Indonesia,” kata Hatta Rajasa saat membuka Indonesia International Infrastructure Conference & Exhibition (IIICE) 2013 di Jakarta.

Hatta menegaskan, Pemerintah secara terus-menerus akan mengucurkan alokasi anggaran bagi pembangunan infrastruktur. “Percepatan pembangunan infrastruktur telah menghubungkan pusat-pusat perekonomian di seluruh Indonesia. Konektivitas pusat ekonomi ini akan menciptakan kutub-kutub ekonomi yang nantinya akan mengefektifkan pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.
Ia menegaskan, percepatan pembangunan infrastruktur akan relevan dengan target-target pemerintah pada 2014, yaitu memacu pertumbuhan ekonomi sebesar 6 persen dalam menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan.
 
“Pemerintah memberi perhatian kepada pembangunan infrastruktur agar kegiatan ekonomi berjalan inklusif dengan pembangunan jalan, jembatan, bandara, pelabuhan, fiber optic, dan lainnya untuk mewujudkan setra produksi baru,” tegasnya. Mengenai sumber dana, menurut Hatta, alokasi dana infrastruktur akan disalurkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), maupun skema pembayaran lainnya. (MSR)