Jokowi & TNI AD Kompak Bersihkan Kali Ciliwung

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta bersama jajarannya serta sejumlah personel TNI AD bekerjasama membersihkan Kali Ciliwung, Kamis (14/11).

Pelataran Mall Season’s City, Jakarta Barat sebagai titik kumpul untuk memulai aktivitas kerja bakti. Jokowi tiba di lokasi pukul 08.15 WIB, sementara para personel TNI AD, petugas kebersihan dan masyarakat telah bersiaga lebih dulu.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih mencintai kebersihan lingkungan,” kata Jokowi sebelum memulai kegiatan pembersihan Sungai Ciliwung di pelataran Mall Season’s City, Jakarta Barat.

Jokowi juga berharap, setelah sungai tersebut dibersihkan, tidak ada lagi warga yang membuang sampah ke sungai, sehingga sungai tetap bersih dan tidak terjadi banjir.

Sementara itu, Asisten Teritorial KASAD Mayjen TNI Meris Wiryadi menuturkan sebanyak 4.500 personel TNI AD dikerahkan dalam kegiatan tersebut. Selain itu, ada pula 2.500 orang dari unsur masyarakat dan warga sekitar serta 500 petugas Dinas Kebersihan.

“Ini merupakan langkah antisipasi memasuki musim hujan dan menghadapi ancaman banjir di ibu kota, sekaligus menyadarkan masyarakat supaya tidak membuang sampah sembarangan,” tutur Meris.

Kegiatan bersih-bersih Ciliwung dibagi menjadi empat sektor, yakni Sektor 1 dari Pintu air Manggarai hingga Fly Over KS Tubun, Sektor 2 dari Fly Over KS Tubun hingga Jembatan Jeling Roxy, Sektor 3 dari Jembatan Roxy hingga Jembatan Kali Jodo 2 dan Sektor 4 dari Kali Jodo 2 hingga Pluit.

Dalam kegiatan tersebut, dikerahkan sebanyak 7.500 personel gabungan (TNI AD, petugas kebersihan dan masyarakat), 40 unit “dump truck” enam roda, lima unit “dump truck” 10 roda, 40 unit germor, dua unit toilet VIP dan empat unit exavator yang diletakkan di empat titik, yaitu Manggarai, Pesing, Pluit dan Perintis Kemerdekaan.(ANT)