Timnas Fokus Menetralisir Penyerangan Cina

Foto: BLI

Jakarta, Sayangi.com – Membiasakan pemain berlatih pada malam hari di Xi’an, Cina, menjadi pilihan wajib bagi pelatih Timnas Senior Indonesia, Jacksen F Tiago. Dan, seperti pada hari pertama menginjakkan kaki di kota Xi’an, Jacksen pun mengagendakan latihan pada pukul 19:00, pada Rabu (13/11) ini.

Waktu latihan yang diagendakan oleh Jacksen, memang disesuaikan dengan waktu kick-off menghadapi tuan rumah Cina, Jumat (15/11) mendatang. Aklimatisasi maksimal terhadap cuaca di Xi’an juga mutlak dilakukan agar permainan Boaz Solossa dkk tidak kendur dalam pertandingan sesungguhnya nanti.

Satu hal yang menjadi perhatian serius, suhu di Xi’an ini memang sering berubah drastis saat pergantian siang ke malam. Bahakn, menurut prakiraan cuaca setempat, pada tanggal 15 November, suhu siang hari adalah 16 derajat celcius, namun berubah drastis hingga -1 derajat celcius pada malam harinya.

Selain itu, pada hari kedua di Xi’an, aktivitas pagi lebih diberikan kepada pemain timnas yang tidak bermain lama dalam laga uji coba di Korea Utara. Mereka melakukan latihan di gym, untuk menjaga kondisi fisiknya.

“Pukul 11:00 tadi, saya adakan sesi class room dengan pemain. Intinya, kita membahas teknis dengan melihat ulang video pertandingan saat Indonesia menjamu Cina di Jakarta, 15 Oktober lalu,” kata Jacksen F Tiago, kepada ligaindonesia.co.id.

Pada sesi latihan malam, focus latihan akan tetap pada tataran teknik dan taktik. Program ini tak lepas pula dari evalasi atas kekuatan Cina, dari bahasan pada sesi class room.

“Tapi kami tetap focus pada semua aspek, bagaimana memanfaatkan celah lini tengah dan belakang mereka (Cina) dan bagaimana menetralisir proses penyerangan mereka,” ungkap Jacksen.

Dengan sisa waktu yang dingga dua hari lagi, memang Jacksen tinggal mempertajam taktik yang telah dipersiapkan dari sebelumnya. Eksperimen terakhir sudah dilakukan pada saat beruji coba menghadapi klub April 25 Sports Club.

Menurut Jacksen, saat itu ia memang bereksperimen dengan mengistirahatkan dua wingback utama dan juga Maitimo di posisi starter. Dan, laga itu juga dimanfaatkan untuk melihat pemain lain yang berpotensi bermain serta ajang adaptasi cuaca. (BLI)