Jokowi Segera Carikan Solusi PKL Muara Karang

Foto: Sayangi.com/Yan Zavin

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), berjanji akan memberikan solusi bagi warga terkait kiosnya yang terancam digusur di Jalan Muara Karang, Kecamatan Pluit, Jakarta Utara.

“Kalau ada seperti ini yang paling penting diberi solusi. Kalau mau dilebarkan, dilebarkan berapa meter,” kata Jokowi saat memantau kawasan Jalan Muara Karang, Kamis (14/11).

Jokowi mengatakan dirinya tidak serta-merta memberikan solusi. Pihaknya akan meninjau lebih jauh mengenai status tanah yang kini berdiri kios-kios dengan bangunan permanen.

“Tapi saya mau lihat gambarnya dulu. Ya semua kepentingan harus bisa terakomodasi. Itu paling baik. Warga dapat solusi kalau bisa tidak usah digusur, tapi secara tata ruang juga harus dilihat,” ujar Jokowi.

Sebelumnya Jokowi mendapat aduan warga terkait pedagang kaki lima (PKL) yang dipaksa untuk pindah oleh pihak kelurahan maupun kecamatan serta uang kompensasi sebesar Rp 10 juta per kios di wilayah tersebut. Karena tidak tahu, Jokowi berencana akan memanggil lurah dan camat yang bersangkutan untuk mengkroscek aduan warga tersebut.

“Saya belum ngerti itu. Nanti saya panggil. Kami akan undang camat dan lurah baru bisa mengerti. Kalau dari warganya sudah,” jelas Jokowi.(GWH)