2 Saksi Dihadirkan untuk TPPU Luthfi Hasan Ishaq

Foto: Sayangi.com/Opak

Jakarta, Sayangi.com – Dua orang saksi dihadirkan pada sidang lanjutan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan terdakwa mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaq (LHI) di Pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor), Jakarta, Kamis (14/11).

Dua saksi tersebut adalah Rina Sari Dwijuli dan Dreyvi Charles Walintukan. Rina, seorang Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dimintai kesaksiannya atas pembuatan akta jual beli (AJB) tanah yang dibeli Hambali dari pemilik bernama Yopi Batubara.

Sementara Dreyvi Charles Walintukan dimintai kesaksiannya terkait pembelian mobil yang diatasnamakan Maulana, orang dekat LHI.

Dalam keterangannya Rina mengatakan dalam proses pembuatan AJB tanah, seseorang yang mengatasnamakan Hambali menemuinya. Dia datang untuk kepentingan penandatanganan AJB tahun 2008.

“Sekitar Desember 2008,” katanya.

Beberapa waktu setelah penandatanganan, Hambali kembali menelponnya. Dia meminta untuk tidak dilakukan balik nama lebih dulu. Beberapa waktu kemudian, dirinya tiba-tiba diberi tahu bahwa tanah tersebut telah dilakukan proses balik nama pada 2009. Padahal bukti pelunasannya belum ada. Rina juga menyebut bahwa AJB tidak sesuai dengan NJOP.

“Seingat saya tidak sesuai NJOP. Kalo tidak salah antara 2-3 M, lebih mahal,” sebutnya.

Sementara itu Dreyvi Charles Walintukan mengiyakan penekanan Hakim tentang kronologi pembelian mobil atasnama Maulana.

“Iya, pembelian mobilnya atasnama Maulana,” Paparnya.

Dijelaskan Dreyvi, harga mobil tersebut adalah Rp 450 juta dengan uang muka Rp 40 juta. Pembelian tersebut dibayar menggunakan uang kertas pecahan dolar Amerika.

Seperti diketahui, Tanah dan Mobil tersebut disita karena diduga sebagai bagian dari hasil pencucian uang yang dikaitkan dengan LHI.

Sebelumnya, KPK menyita sejumlah aset terkait perkara LHI, di antaranya satu unit mobil FJ Cruiser, Honda Jazz putih FJ Cruiser, Toyota Land Cruiser Prado, Toyota Alphard, Mercedes Benz C200, VW Caravelle, Mazda CX9, Fortuner, Pajero Sport, dan Nissan Navara.(GWH)

Berita Terkait

BAGIKAN