Yusril: Kita Tak Boleh Marah pada Majelis Hakim

Foto: sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra menyayangkan terjadinya aksi perusakan di gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Apalagi itu terjadi di ruang persidangan MK.

“Putusan pengadilan betapapun tidak menyenangkannya haruslah tetap dihormati. Kita harus mendewasakan diri,” tulis Yusril dalam akun twitter-nya @Yusril_Mhd Kamis (14/11/2013) petang. Khusus mengomentari aksi rusuh di gedung MK, Yusril mem-posting 11 item komentar.

Sebagai warga negara, Yusril mengaku sering tidak puas terhadap putusan pengadilan. “Namun saya selalu menahan diri, juga menahan teman-teman, klien dan pendukung agar jangan buat masalah di pengadilan. Walaupun kita kecewa dengan pertimbangan hukum majelis dan putusannya, tetaplah kita diam dan tidak mengeluarkan kata apapun,” lanjut Yusril.

Yusril yang juga berprofesi sebagai pengacara ini berharap kasus kerusuhan di gedung MK menjadi pelajaran bagi semua warga negara agar menghormati proses hukum.

“Supaya kita tetap dapat menyebut diri kita sebagai bangsa yang beradab dan menjunjung tinggi prinsip negara hukum,” tulis Yusril pada bagian lain twitter-nya. (S2)