Ini Alasan Kenapa Ronaldo Lebih Diunggulkan dari Messi dan Ribery

Foto: Real Madrid

Jakarta, Sayangi.com – Pemain depan Real Madrid dan Timnas Portugal Cristiano Ronaldo saat ini mempunyai peluang paling besar untuk memenangkan penghargaan Ballon d’Or musim ini dibandingkan dengan dua kandidat kuat lainnya yakni Lionel Messi dan Franck Ribery.

Pasalnya berdasarkan fakta, Ronaldo memiliki kelebihan unik yang tak dimiliki oleh dua pesaingnya itu.

Ronaldo mempunyai catatan terbaik. Dari 18 laga yang sudah ia lakoni bersama Madrid, Ronaldo telah mencetak 24 gol dan 7 assist untuk Los Blancos. Jika di buat rata-rata, maka dalam tempo satu jam Ronaldo mencetak satu gol. Catatan ini tidak dimiliki oleh pemain eropa lainnya. Total Ronaldo sudah mencetak 56 gol untuk Madrid.

Selain itu Ronaldo sudah mencetak 62 gol untuk negara dan klubnya. Di Portugal, ia mampu membuat enam gol dalam tujuh pertandingan, termasuk di antaranya hat-trick cepat yang diraih dalam tempo 15 menit ketika berhadapan dengan Irlandia Utara.

Sementara Lionel Messi, salah satu saingan terberat Ronaldo di Ballon d’Or, tidak banyak tampil untuk Barcelona akibat cedera.

Cederanya Messi tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi Ronaldo, mengingat performa di dalam beberapa bulan terakhir menjadi salah satu faktor penilaian yang penting dalam menentukan pemenang Ballon d’Or.

Tahun 2013, Messi sudah mencetak 45 gol di dalam 47 laga yang ia mainkan. Musim ini, The Messiah sudah menjaringkan 14 gol.

Sedangkan Franck Ribery sudah memainkan 47 laga dan mencetak 20 gol tahun ini. Khusus untuk musim kompetisi 2013/14, ia sudah membukukan 10 gol di 19 laga.

Publik bisa saja mengklaim bahwa Ribery sudah berhasil membawa Bayern Munich meraih gelar treble musim lalu dan Messi telah memenangi empat Ballon d’Or berturut-turut.

Namun dari jajak pendapat online yang dilakukan oleh Sky Sports, Ronaldo menang dengan raihan suara 84%. Ia unggul telak dari Messi yang hanya meraih 8% suara dan Ribery dengan raihan dukungan 6%. Sisanya disebar secara merata untuk kandidat yang lain.

Akan tetapi gambaran sesungguhnya baru akan diketahui pada awal Desember mendatang, dimana FIFA dan France Football akan memangkas daftar nominasi menjadi tiga orang dari total 23 pemain .

Pengumuman peraih Ballon d’Or akan dilakukan 13 Januari 2014 di Zurich, Swiss. Penentuan pemenang berdasarkan pilihan kapten dan pelatih kepala tim nasional negara anggota FIFA serta perwakilan media internasional yang dipilih France Football.

Daftar Kandidat Peraih Ballon d’Or:

Gareth Bale (Wales)
Edinson Cavani (Uruguay)
Radamel Falcao (Kolombia)
Eden Hazard (Belgia)
Zlatan Ibrahimovic (Swedia)
Andres Iniesta (Spanyol)
Philipp Lahm (Jerman)
Robert Lewandowski (Polandia)
Lionel Messi (Argentina)
Thomas Mueller (Jerman)
Manuel Neuer (Jerman)
Neymar (Brasil)
Mesut Ozil (Jerman)
Andrea Pirlo (Italia)
Franck Ribery (Prancis)
Arjen Robben (Belanda)
Cristiano Ronaldo (Portugal)
Bastian Schweinsteiger (Jerman)
Luis Suarez (Uruguay)
Thiago Silva (Brasil)
Yaya Toure (Pantai Gading)
Robin Van Persie (Belanda)
Xavi (Spanyol)
(Sumber:FIFA)