Ibrahimovic dan Ronaldo dalam Angka

Foto: 101greatgoals.com

Solna, Sayangi.com – Siapakah yang lebih pantas menjadi sosok pahlawan bagi Swedia atau Portugal?. Jawabanya akan tersaji saat digelarnya leg kedua fase play-off kualifikasi Piala Dunia (PD) 2014 Zona Eropa antara Swedia dan Portugal di Friends Arena, Solna, Selasa, 19 November 2013, nanti malam atau Rabu (20/11/13) dinihari WIB nanti.

Dua kandidat peraih FIFA Ballon d’OR yakni Zlatan Ibrahimovic dan Cristiano Ronaldo akan saling membuktikan jadi yang terbaik di laga penentuan perebutan tiket ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil.

Di pertemuan pertama, Ronaldo menjadi hero lewat gol sundulan kepalanya yang memastikan keunggulan 1-0 bagi Portugal. Di leg kedua, Ibrahimovic berkesempatan menunjukkan talenta dan kebisaanya guna kembali membawa Swedia lolos ke putaran final Piala Dunia. Menjelang laga tersebut, berikut catatan statistik kedua bintang seperti yang dilansir FIFA.

Tinggi Badan:
Ibrahimovic ( 195 cm) – Ronaldo (186 cm)
Keberadaan bintang Swedia di lapangan hijau mudah dikenali dengan postur tubuhnya yang menjulang dan berada di atas rata-rata tinggi pemain belakang lawan. Pelatihnya di Ajax Co Adriaanse memuji talenta Ibra. “Ia punya teknis yang sangat bagus. Hal yang sangat jarang ditemukan pada pemain setingginya,”. Ronaldo pun boleh dibilang cukup jangkung. Namun, selain skill, faktor fisik yang membuatnya menonjol. “Seperti hewan,” ujar Jose Mourinho.

Gol Internasional:
Ibrahimovic (46 gol dari 95 partai) – Ronaldo (44 gol dari 108 partai)
Usai leg pertama Jumat (15/11/13) lalu, kedua pemain sama-sama terpaut tiga gol dari jumlah gol top skorer timnasnya masing-masing. Ibrahimovic mengejar rekor gol Steven Rydell, sementara Ronaldo membuntuti rekor gol Pauleta. Yang menarik, kedua pemain membuka pundi-pundi gol internasionalnya pada 2004.

Gol Domestik:
Ibrahimovic (208 gol) – Ronaldo (304 gol)
Sejak musim 2004-2005, Ronaldo dan Ibrahimovic bermain bersama salah satu klub yang masuk lima liga top Eropa (Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, atau Italia) dan Liga Champions. Saat itu, Ronaldo mencetak gol lebih banyak dari pemain manapun di Liga dan Liga Champions, sementara Ibra menempati peringkat ketiga di bawah Lionel Messi. Dalam tiga musim dari empat tahun mengenakan kostum Real Madrid, rata-rata Ronaldo mencetak satu gol atau lebih di setiap pertandingan. Sementara, Ibrahimovic dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak di Ligue 1 musim lalu.

Gol di putaran final Piala Dunia:
Ibrahimovic (0 gol dari 5 partai) – Ronaldo (2 gol dari 10 partai)
Dalam dua kali turnamen, PD 2002 dan PD 2006, Ibrahimovic belum mampu mencetak satu gol pun. Sebabnya, saat di Jepang-Korsel (2002) Ibra masih menjadi pemain cadangan dan di Jerman (2006) dililit cedera pangkal paha. Sedangkan, dua gol Ronaldo dicetak di fase penyisihan grup lawan Iran di PD 2002 dan Korea Utara di PD 2010.

Besaran Fee Transfer:
Ibrahimovic (143,5 juta pound = Rp 2,65 triliun atau rata-rata Rp 442 miliar per transfer)
Ronaldo (92,2 juta pound = Rp 1,7 triliun atau rata-rata Rp 852 miliar per transfer)

Ronaldo menjadi buah bibir publik sepakbola dunia saat memecahkan rekor fee transfer sebesar 80 juta pound dari MU ke Madrid pada Juli 2009 setelah sebelumnya datang ke Old Trafford dari Sporting Lisbon dengan fee hanya 12 juta pound. Sementara, Ibrahimovic yang baru bersinar bersama Ajax berturut-turut ditransfer ke Juventus (14 juta pound), Inter Milan (21 juta), Barcelona (61 juta), AC Milan (21 juta), dan Paris Saint-Germain (18 juta). Sampai saat ini, Ibra masih menyandang rekor pemain dengan total fee terbanyak.

Jumlah Gelar:
Ibrahimovic (10) – Ronaldo (10)
Ibrahimovic menoreh rekor luar biasa dengan meraih gelar liga bersama klub yang diperkuatnya sejak 2003 sampai 2011. Ibra merebut gelar bersama lima klub berbeda di empat negara yang berbeda pula, plus gelar Piala Dunia Antarklub FIFA bersama Barcelona. Sementara, Ronaldo meraih 8 gelar saat memperkuat Setan Merah, termasuk Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub FIFA, dan 2 gelar lainnya bersama Real Madrid.

Head-to-head:
Ibrahimovic ( 1 kali menang, 4 kali imbang, 3 kali kalah)
Ronaldo (3 kali menang, 4 kali imbang, 1 kali kalah)

Kedua pemain bertemu untuk kali pertama di laga persahabatan internasional yang berlangsung di Portugal, 2004. Yang menarik di laga yang berakhir imbang 2-2 tersebut, Ronaldo baru memasuki lapangan sebagai pemain pengganti bertepatan dengan keluarnya Ibrahimovic. Sejak itu, keduanya kembali bertemu di kualifikasi PD 2010 yang berakhir imbang 0-0.

Di ajang klub, bersama MU, Ronaldo sekali imbang dan sekali menang dari Ibrahimovic yang memperkuat Inter Milan di babak 16 besar Liga Champions 2008-2009. Satu-satunya kemenangan Ibra terjadi saat memperkuat Barcelona di laga El Clasico, November 2009. Terakhir, kedua bintang ini bertemu di panggung Liga Champions musim 2010-2011. Ronaldo mencetak satu gol saat Madrid unggul 2-0 dari Milan di Bernabeu, 19 Oktober 2010. Keduanya kembali bertemu dua minggu kemudian di San Siro dimana partai berakhir imbang 2-2. (FIFA)