Tertarik Menikmati Siomay Kaya Protein Berbahan Dasar Belalang?

Foto: idopenrice.com

Jakarta, Sayangi.com – Siomay, siapa yang tak kenal dengan jajanan ringan yang berasal dari Jepang ini. Jajanan yang berbahan dasar ikan tenggiri ini memang sangat terkenal dan sangat mudah untuk ditemukan.

Sekarang ini tidak hanya terdapat siomay rebus saja, melainkan juga siomay yang digoreng sebagai bentuk variasi kuliner siomay. Selain itu dalam penyajian dan untuk menambah selera dalam menikmati jajanan ringan ini, biasanya siomay ditambahkan bumbu kacang sebagai bumbu pelengkapnya.

Namun sayangnya tidak semua pedagang siomay menggunakan bahan baku Ikan Tenggiri dikarenakan harga ikan tenggiri yang lumayan mahal. Banyak para pedagang yang mencampur bahan dasarnya agar serupa dengan siomay yang asli namun dengan harga produksi yang tidak terlampau tinggi.

Untuk mensiasati hal tersebut, beberapa mahasiswa Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negri Yogyakarta ( UNY ) mencoba memberikan inovasi baru dalam membuat siomay dengan bahan dasar yang tergolong murah meriah namun juga memiliki kualitas kandungan gizi yang setara dengan ikan tenggiri. Ya, caranya adalah dengan mengganti bahan dasar ikan tenggiri dengan belalang.

Mereka mencoba melakukan eksperimen membuat siomay dengan berbahan dasar belalang dan ternyata rasa yang didapat dari siomay belalang ini tak kalah dengan siomay yang berbahan dasar ikan tenggiri.

Meskipun belalang tergolong binatang yang terlihat menjijikan, namun memang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Belalang memiliki kandungan protein sekitar 62,2 persen dam jika kandungan protein ini dapat dimanfaat sedemikian rupa dapat mengurangi kekurangan protein dalam tubuh kita.

Bagian yang dipakai untuk membuat siomay belalang ini adalah bagian perutnya. Setelah belalang dicuci bersih, lalu daging perut belalang tersebut digiling dan diolah bersama tepung menjadi adonan siomay. Produk belalang siomay ini dikemas dan diberi label dengan nama SioLang alias Siomay Belalang. Hal tersebut dilakukan agar dapat menarik minat para konsumen. Bagaimana menurut anda? Tertarik mencoba siomay yang kaya akan protein ini. (RH)

Berita Terkait

BAGIKAN