Jokowi Tinjau Normalisasi Kali Cakung Drain

Foto : beritajakarta.com

Jakarta, Sayangi.com – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi meninjau normalisasi Kali Cakung Drain di Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (19/11). Normalisasi Kali Cakung Drain menjadi salah satu dari 13 kali di Jakarta yang dilakukan normalisasi oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Ini lumpur semua. Sudah lebih dari 30 tahun nggak dirawat. Padahal, kalau dirawat setiap tahun nggak akan kaya gini,” keluh Jokowi saat menyaksikan secara langsung pengerukan lumpur.

Jokowi berharap, setelah dikeruk, Kali Cakung Drain mampu menambah daya tampung air hingga 4-5 meter. Dikatakan Jokowi, untuk dapat mengangkut endapan lumpur yang tidak dikeruk selama bertahun-tahun tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

“Ini paling tidak membutuhkan waktu dua tahun untuk menormalkan kondisi Kali Cakung Drain. Tapi untuk yang sekarang atau musim hujan kali ini diharapkan 4 minggu sudah rampung,” kata Jokowi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta, Manggas Rudi Siahaan menambahkan, untuk menormalisasi Kali Cakung Drain sepanjang 10 kilometer, pihaknya mengerahkan sebanyak 9 eskavator. “Kami kerahkan juga sejumlah truk untuk mengangkut sampah maupun lumpur,” ucapnya.

Ditambahkan Rudi, normalisasi Kali Cakung Drain diharapkan rampung pada Desember nanti. “Ini kami pantau terus. Targetnya Desember sudah rampung,” tandasnya. (MD/beritajakarta.com)

 

 

Berita Terkait

BAGIKAN