Hujan dan Angin Kencang di Palembang Rusak Puluhan Rumah

Palembang Sayangi.com – Hujan lebat disertai angin sangat kencang merubuhkan puluhan rumah warga dan gudang pupuk urea di jalan Sulaiman Amin Perumahan Daerah (Perumda) Talang Buruk, Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Alang-alang Lebar, Palembang (19/11).

Sulaiman, penjaga gudang pupuk urea, mengatakan turun hujan yang tak kunjung berhenti sejak pukul 19.30 WIB kemarin malam membuat atap serta tembok gudang ambruk. “Karena tidak ada yang menghuni dalam gudang, jadi baru ketahuan ketika pagi hari tadi kalau gudang sudah habis roboh” kata Sulaiman.

Setalh itu., kata Sulaiman, pupuk di dalamnya dititipkan digudang sebelah yang meskipun juga mengalami kerudakan tapi tidak parah.

“Bos saya (pemilik gudang) sudah tahu pagi tadi. Kalau menurut dia, kerugian bisa mencapai puluhan juta, karena bangunan terbuat dari batu dan seng dengan ukuran yang cukup luas, belum lagi pupuk yang telah rusak akibat ditimpa seng dan dinding batu tersebut,” tandasnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Endang (45), salah satu warga yang berada tak jauh dari lokasi kejadian, kejadian angin puting beliung tersebut terjadi pukul 20.00WIB, Senin 18 November 2013 malam kemarin.” Atap rumah warga berterbangan diangkat oleh pusaran angin. Tetapi tidak jatuh kebawah sehingga tidak ada korban. Setahu saya didaerah ini hampir 30 rumah yang rusak ” kata Endang.

Dilanjutkannya, empat bangunan yang rusak parah diantaranya terjadi di RT 30 RW 10, milik Bobiyanto. RT 39 RW 12 milik Lasmudin. Rumah Idris di RT 30 RW 12. Warung Bakso Sidomuncul RT 37 RW 12.

Bobiyanto (55), salah seorang warga yang rumahnya juga turut menjadi amukan puting beliung mengaku, saat kejadian, dia beserta keluarganya, sedang asyik nonton TV di ruang keluarga.

“Sewaktu hujan deras sama angin kencang terlihat pusaranĀ  putih berputar setinggi pohon 10 meter. Setelah itu anginnya menjadi pecah danĀ  nyebar ke rumah lain dan atapnya terangkat oleh angin” terangnya.

Rumah milik Roby mengalami kerusakan cukup parah, atap rumah milik boby rusak dan beberapa alat elektronik yang berada didalam rumah menjadi rusak.

“Mungkin, kerugian mencapai puluhan juta. Sekarang saya mengungsi di rumah tetangga dulu, karena takutnya atap rumah jatuh dan menimpa kami akibat kena puting beliung” jelas

Berita Terkait

BAGIKAN