Terkait Akil, Iti Oktavia Jayabaya Diperiksa KPK

Foto: Sayangi.com/Opak

Jakarta, Sayangi.com – Bupati Kabupaten Lebak, Iti Oktavia Jayabaya, mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK) dengan tersangka mantan Ketua MK, Akil Mochtar.

“Saya diminta datang untuk dimintai keterangan. Saya diperiksa untuk tersangka pak Akil,” kata Iti Oktavia Jayabaya saat tiba di Gedung KPK Senin (25/11), pukul 09.50 WIB.

Selain itu, Iti juga memperkirakan pemeriksaan dirinya juga berkaitan dengan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di pilkada Kab. Lebak, Banten yang telah diputuskan di Mahkamah Konstitusi (MK). Terkait PSU ini, dia yakin akan dicecar pertanyaan untuk tersangka Susi Tur Andayani.

“Waktu itu kan putusan PSU Kabupaten Lebak sudah selesai. Mungkin juga KPK akan menanyakan PSU itu. Karena hasil PSU ini harus dilaporkan ke MK. Mungkin terkait itu,” jelasnya.

Selain itu, Iti mengaku dalam PSU di Kabupaten Lebak, dia tidak dimintai uang oleh Akil lantaran dirinya menang dalam pilkada tersebut.

“Oh tidak. Karena hasilnya Kabupaten Lebak sudah cukup bagus ya,” tegasnya.

Diketahui Akil Mochtar memutuskan adanya pemilihan ulang karena menilai dalam pilkada lebak ada indikasi kecurangan yang sistemis. Namun, tidak berapa lama kemudia Akil ditangkap oleh KPK karena menerima suap sebesar Rp 1 M dari Susi Tur Andayani yang merupakan advokat dari pasangan Amir Hamzah. Lalu, KPK juga menangkap adik kandung gubernur Banten, Tubagus Chaeri Wardhana (TCW) dalam kasus suap pilkada lebak yang diduga atas suruhan kakaknya, Ratu Atut Choisyah.(GWH)

Berita Terkait

BAGIKAN