Tahun Depan Gaji Guru Honorer Jakarta Naik 100% Lebih

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Para guru honorer di Jakarta boleh gembira mendengar kabar ini. Soalnya, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), berjanji akan menaikkan gajinya. Tidak tanggung-tanggung, kenaikannya lebih dari 100%. Bahkan menurut Jokowi, tahun depan para guru honorer sudah bisa menikmatinya.

“Kami sudah merencanakan kenaikan honor guru bantu. Tahun depan kesejahteraan guru honor bisa dinaikkan,” kata Jokowi kepada wartawan di Balaikota DKI, Senin (25/11).
 
Menurut Jokowi, kesejahteraan guru honorer harus mendapatkan perhatian khusus. Karena, tenaga dan jasa guru honorer dinilai sangat membantu dalam peningkatan kualitas pendidikan di Jakarta.
 
Diketahui, sebanyak 11.051 guru di Jakarta masih berstatus honorer, termasuk yang mengajar di sekolah negeri. Pemprov DKI Jakarta berencana menaikkan kesejahteraannya dari Rp 400 ribu per bulan menjadi di atas Rp 1 juta yang diberlakukan tahun 2014.
 
Dari data Dinas Pendidikan DKI Jakarta, menyebutkan bahwa hingga saat ini tenaga pengajar honorer di Disdik DKI Jakarta ada sebanyak 11.051 guru. Mereka sudah diberikan honor sebesar Rp 400.000 per bulan ditambah tunjangan 20 persen dari dana Biaya Operasional Sekolah (BOS).
 
“Dari jumlah tersebut, guru honorer yang telah masuk dalam kategori dua atau telah mengabdi sejak tahun 2005 ke bawah, tercatat mencapai 6.500 orang. Sedangkan sisanya 4.551 orang merupakan guru honorer yang mulai mengajar sejak tahun 2006 ke atas,” kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, saat dikonfirmasi Sayangi.com, Senin (25/11). (GWH)