Sinabung Keluarkan Enam Erupsi Pada Senin Pagi

Foto : Antara

Medan, Sayangi.com – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara telah mengeluarkan erupsi sebanyak enam kali pada Senin pagi sejak pukul 01.00 WIB.

Dalam pesan singkat yang diterima di Medan, Senin (25/11), Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, dalam erupsi pertama itu, muncul semburan abu vulkanik dengan ketinggian sekitar 500 meter dengan arah angin menuju timur Erupsi kedua terjadi pada pukul 01.56 WIB dengan semburan abu vulkanik dengan ketinggian mencapai 500 meter yang terbawa arah angin menuju timur.

Erupsi kedua Gunung Sinabung tersebut juga memunculkan awan panas dengan ketinggian 500 meter yang mengarah ke tenggara.

Kemudian, erupsi ketiga terjadi pada pukul 02.33 WIB dengan ketinggi. erupsi hingga 1.500 meter yang mengarah ke timur.

Erupsi keempat terjadi pada pukul 04.17 WIB dengan ketinggian 800 meter dan erupsi kelima pada pukul 07.38 WIB dengan ketinggian semburan hingga 2.000 meter yang mengarah angin ke timur.

Sedangkan erupsi terakhir pada Senin pagi itu terjadi pada pukul 08.38 WIB dengan ketinggian semburan abu vulkanik hingga 1.500 meter yang menuju ke arah timur.

Erupsi tersebut juga memunculkan awan panas dengan ketinggian 1.000 meter yang terbang terbawa arah angin menuju tenggara.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi meningkatkan status Gunung Sinabung dari level “Siaga” menjadi “Awas” terhitung mulai Minggu pukul 10.00 WIB.

Status Awas tersebut berpotensi menyebabkan makin meluasnya lontaran material berukuran 3-4 Cm yang jaraknya diperkirakan mampu mencapai 4 Km sehingga masyarakat yang bermukim dalam radius 5 Km dari kawah Gunung Sinabung direkomendasikan untuk diungsikan. (MD/Ant)

Berita Terkait

BAGIKAN