Boediono Prediksi Tapering Off Awal-Pertengahan 2014

Foto: Setkab

Jakarta, Sayangi.com – Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono yakin, bank central Amerika Serikat (The fed) akan melakukan tapering off di awal atau pertengahan 2014 nanti. Untuk itu, dia mengimbau agar seluruh stakeholder perekonomian nasional bersiap dan waspada terhadap dampak dari kebijakan tersebut.

“Saya yakin awal atau tengah (pertengahan) tahun 2014 akan ada perubahan kebijakan moneter dari Amerika Serikat. Semua negara akan terkena dampaknya, termasuk Indonesia. Kita tidak akan bisa menghindari dampak tersebut. Yakinlah tidak bisa,” tuturnya dalam sambutan di Musyawarah Real Estate Indoensia (REI) di Hotel Gran Melia, Jakarta, Senin (25/11).

Budiono menuturkan, Indonesia kini sedang berada dalam masa transisi dari keadaan yang disebut sebagai easy money ke keadaan setelah easy money usai. Untuk itu, dia mengharapkan semua insan perekonomian nasional untuk mempersiapkan diri menghadapi keadaan tersebut.

“Kita harus me-manage kebijakan kita dengan sebaik-baiknya ke depan. Ini harus kita lakukan secara bertahap. Langkah harus diambil sekarang untuk bersiap, sehingga tidak kaget ketika kebijakan itu diambil,” jelasnya. Indonesia perlu cerdas dan pandai mengambil langkah untuk menjaga keseimbangan perekonomian serta kesiapan agar tidak mendapat dampak yang parah dari kebijakan yang mungkin digulirkan bank central negeri adidaya itu.

“Kita harus pandai-pandai mengambil langkah. Harus pandai-pandai mencari keseimbangan. Dalam situasi global yang seperti ini, dalam bahasa Jawa, kita harus ngeli tapi jangan keli. Kita harus ikuti tapi jangan terhanyut,” pungkasnya. (MSR)

Berita Terkait

BAGIKAN