Jalan Layang Casablanca Siap Ujicoba

Foto: gatotwid.wordpress

Jakarta, Sayangi.com – Setelah lama ditunggu oleh masyarakat, akhirnya jalan layang non tol (JLNT) yang menghubungkan Kampung Melayu dengan Tanah Abang selesai dikerjakan. Meski demikian, jalan ini belum langsung bisa digunakan. Jalan ini masih harus diujicoba.

“Saya sering datang dinihari untuk mengawal pekerjaan JLNT ini. Saya merasa lega karena JLNT ini sudah tuntas dikerjakan,” kata Jokowi kepada wartawan di Balaikota DKI, Senin (25/11).
 
Menurut Jokowi, JLNT memang telah selesai. Namun, masih harus diujicobakan. Setelah uji coba selesai, maka akan dioperasikan untuk umum.

“Waktunya belum kita tetapkan kapan uji cobanya. Yang penting rampung dulu,” terang Jokowi.
 
Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Manggas Rudy Siahaan menjelaskan, pengerjaan JLNT yang dirampungkan tersebut merupakan paket kawasan Jalan Mas mansur yang berada di dekat Hotel Le Meridien. Peket teersebut dikerjakan PT Istaka Karya (BUMN).
 
“Paket Mas Mansyur ini mengalami kelambatan, karena memiliki tingkat kesulitan tinggi. Kontraktornya mengalami kesultan, yakni diakibatkan kondisi jalan yang menyempit. Akibatnya, alat berat sulit melewatinya. Paket pekerjaan hanya bisa dilakukan malam hari dengan waktu terbatas,” kata Manggas Rudy Siahaan kepada wartawan di Balaikota DKI, Senin (25/11).
 
Diketahui, proyek pembangunan JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang terdiri atas tiga paket pembangunan, yaitu paket Casablanca, paket Prof. Dr. Satrio, dan paket Mas Mansyur. JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang seharusnya rampung 2012 lalu. Proyek tersebut sebenarnya dipatok Pemprov selesai Juni 2013 lalu. Namun karena masalah teknis, maka akhirnya proyek tuntas pada November ini. JLNT tersebut diperkitakan mampu mengurai kemacetan di kawasan itu. (GWH)