Pelatih Timnas U-19 Bersyukur TC Berjalan Lancar

Foto: Twitter

Batu, Sayangi.com – Tranning Camp Timnas U-19 di Batu Malang telah memasuki pekan ke tiga. Pelatih Indra Sjafri merasa puas dengan kemajuan yang alami Evan Dimas dkk. “Alhamdulillah TC masuk Minggu ke 3, semua lancar dan SEMANGAT,” tulis Sjafri dalam akun twitternya.

Meski demikian Sjafri masih membuka kesempatan bagi para pemain muda berbakat tanah air untuk masuk dalam timnas. “Bagi PEMAIN kelahiran OKTOBER 95, yang tinggalnya dekat dg Kota Batu. Timnas U-19 Akan lakukan seleksi : Minggu jam 15.00 stadion Brantas, ” lanjut pelatih berusia 50 tahun itu dalam akun twitternya.

Seusai melihat talenta-talenta muda itu menunjukkan kebolehannya, Indra Sjafri menyebut Batu -seperti 43 kota lain yang telah dia kunjungi- berlimpah pemain berbakat. Namun, menurutnya, tidak semudah membalikkan telapak tangan, untuk merekrut pemain-pemain tersebut ke Timnas U-19 saat ini.

“Yang jelas, saat ini kita sudah ada tim yang kualitasnya sudah kita ketahui semua. Kalau memang ada yang kualitasnya sama atau di atas, pasti akan kita coba,” tandasnya.

Indra Sjafri menegaskan ada tahapan-tahapan tertentu yang harus dilalui sebelum bisa bergabung dengan timnya. Pelatih Skuat Garuda Jaya -julukan Timnas Indonesia U-19- ini menyebut dalam setiap tahapan-tahapan tersebut ada parameter yang harus dipenuhi.

“Pertama, kita lakukan pengamatan visual. Kita lihat cara mereka bermain. Kalau dari pengamatan itu mereka bagus, kita akan uji, apakah mereka memiliki empat item kemampuan yang kita mau,” ujar Sjafri.

“Kita akan lihat apakah mereka punya skill, fisik, kecerdasan taktik dan mental yang bagus. Kalau semua ini mereka miliki, kita akan beri kesempatan mereka untuk masuk Timnas,” sambungnya.

Selanjutnya Timnas U-19 akan menjalani pemusatan latihan dan sejumlah uji tanding di wilayah Asia Barat pada bulan Januari 2014.Dua negara di wilayah Asia Barat dijadwalkan menjadi lawan, yaitu Arab Saudi dan Qatar.

Bagi pemain, pelatih, dan ofisial timnas U-19 yang beragama islam, BTN memberikan kesempatan kepada mereka untuk menjalani ibadah umrah di kota Mekah dan Madinah, Arab Saudi.

Ibadah umrah merupakan bentuk apresiasi, setelah timnas U-19 tampil gemilang di dua ajang Piala AFF U-19 dan babak kualifikasi Piala Asia 2014.

“Insya Allah. Pada 10 Januari, skuat timnas U-19 akan umrah sekaligus menggelar uji coba. Rencananya melawan Arab Saudi dan Qatar. Mohon doanya,” kata Ketua BTN, La Nyalla Mahmud Mattalitti, dalam keterangan pers beberapa waktu lalu.

Berita Terkait

BAGIKAN