Menhut: Wariskan Hutan Buat Generasi Penerus

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Karangasem, Sayangi.com – Kementerian Kehutanan Indonesia menggelar peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) 2013, di Karangasem, Bali. Meski HMPI jatuh pada 28 November dan BMN pada bulan Desember, namun acara puncak dari kegiatan tersebut digelar, Senin (25/11).

Pada acara puncak yang diselenggarakan di Desa Datah, Kec. Abang, Kab. Karangasem ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menanam pohon Kalpataru (Ficus religiosa).  

Dalam sambutannya Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, peringatan HMPI dan BMN kali ini mengambil tema ““Wariskan Hutan yang Lebih Baik Untuk Generasi Penerus Bangsa”.  

“Tema ini sengaja diambil, karena Indonesia sangat konsisten melaksanakan pembangunan berkelanjutan. Kita juga sangat konsern untuk pelestarian hutan yang akan kita wariskan ke anak cucu kita sebagai penyelamat lingkungan hidup dari bencana alam,” katanya.

“Hutan yang baik juga bermanfaat untuk mengatasi kekeringan, sumber pangan, energi, obat-obatan, pelestari keanekaragaman hayati, tempat pendidikan dan penelitian,” lanjutnya, Senin pagi.

Pemilihan Karangasem sendiri sebagai tempat penanaman, dikatakannya karena wilayah yang terletak di timur Bali ini dikelilingi gunung dan lautan. Sehingga, penanaman disini lebih sebagai penghormatan terhadap lingkungan dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan. Meski termasuk daerah kering karena 87 kilometernya garis pantai, namun ia optimistis pohon yang ditanam bisa tumbuh subur.

“Kita membuat embung sehingga masyarakat bisa berdayakan lahan yang kering lewat penampungan air,” kata Zulkifli.

Dalam acara puncak peringatan HMPI in, selain SBY, Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono juga akan menanam pohon  Kalpataru (Ficus religiosa). Tak ketinggalan Wakil Presiden Boediono menanam Badung (Garcinia dulcis), Ibu Wakil Presiden Herawati Boediono menanam Sawo Kecik (Manilkara kauki), dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menanam Cendana (Santalum album) serta Ibu Menteri Kehutanan Soraya Zulkifli Hasan menanam Mangga (Mangifera indica).

Selain itu, Presiden SBY beserta Menteri Kehutanan akan memberikan penghargaan kepada para gubernur, bupati dan walikota pemenang lomba Penanaman Satu Miliar Pohon tahun 2012 Tingkat Nasional.(GWH)