Nostalgia Jajanan Bocah Era 90-an

Foto/Ilustrasi : zisboombah.com

Jakarta, Sayangi.com – Anda pasti punya masa kecil bahagia yang menyimpan cerita jajanan tak sehat tetapi selalu bikin kangen. Terutama bagi anda yang memiliki masa kecil di era 90-an. Jajanan di era ini pasti mengingatkan bagaimana Anda harus mencuri-curi waktu untuk bisa nyemil jajanan masa kecil yang membuat mulut belepotan atau bahkan sampai sakit saking seringnya menyantap cemilan yang mengandung pengawet dan penyedap rasa itu.

Mencarinya sekarang tentu tak semudah dahulu. Meski beberapa jajanan masih diproduksi di era sekarang, namun rasanya tentu sudah berubah dan tak seenak dahulu. Selain itu, memang ada juga beberapa jajanan yang benar – benar sudah hilang dari peredaran Bernostalgia dengan jajanan masa kecil kita yuk!

1. Permen Gulali

Permen tradisional yang unik ini juga menjadi salah satu jajanan tradisional khas masa kecil yang cukup populer. Permen yang dinamakan gulali ini terbuat dari gula yang dijadikan karamel dan dibubuhi pewarna agar terlihat lebih menarik. Biasanya warna yang sering dibuat adalah hijau dan merah. Ketika ada yang membeli si penjual langsung dengan lihainya membentuk permen tadi menjadi bentuk yang diinginkan pembelinya.

2. Anak Mas


Anak mas adalah jenis jajanan ringan yang masih bisa dikatakan fenomenal di era 90 –an. Jajanan ini berupa mie kering yang ketika hendak dimakan harus kita remas terlebih dahulu lalu diberi bumbu serbuk yang kemudian di kocok – kocok dengan tangan. Trus, disantap deh.

3. Permen Susu White Rabbit

Permen susu dengan nama White Rabbit ini terbilang unik karena bungkusnya yang berwarna bening dapat dimakan. Inilah yang menjadi daya tarik anak – anak zaman dulu untuk memburunya. Namun sayangnya permen susu yang satu ini sempat masuk kedalam pemberitaan sebagai salah satu permen atau cemilan yang berbahaya karena mengandung melanin dan sempat hilang dari peredaran setelahnya. Kini, permen susu ini tak lagi memiliki pembungkus yang dapat dimakan melainkan diganti menjadi pembungkus kertas biasa.

4. Coklat Ayam Jago

Dari sekian banyak cemilan yang berupa permen, ada satu cemilan cokelat yang sangat terkenal di era 90 – an, yakni cokelat cap ayam jago. Dengan desain sederhana didominasi warna putih dan merah menyala berlambangkan ayam jago di atasnya. Cokelat ini sering dikonsumsi anak-anak di era tersebut. Selain terkenal dengan bentuk cokelat cap ayam jago yang panjang, sang produsen juga melakukan inovasi dengan menyediakan cokelat dengan rasa lain yang bentuknya lebih kecil namun rasanya tak kalah enaknya. Cokelat cap ayam jago ini tergolong cokelat zaman dulu yang masih dapat dijumpai walaupun terbilang langka.

5. Wafer Superman

Selain cokelat cap ayam jago, ada lagi jajanan sejenis cokelat yang tak kalah fenomenalnya, yakni wafer cokelat superman. Dahulu jika ada perayaan ulang tahun, selalu ada wafer superman yang kita jumpai di dalam bingkisan yang dibagikan disaat kita pulang. Selain memiliki rasa orisinil yang enak, gambar superman pada bungkusannya membuat cokelat ini selalu diingat.

6. Mie Lidi

Adalah snack ringan masa SD untuk anak-anak, remaja, dan orang dewasa yang dibuat dari tepung terigu. Dinamakan Mie Lidi karena snack lezat ini bentuknya kecil memanjang menyerupai lidi pada sapu lidi. Selain lezat, cemilan yang satu ini juga aman lho untuk dikonsumsi. Biasanya, Mie Lidi yang seperti spaghetti mentah ini ditaburi dengan bumbu serbuk yang memiliki rasa pedas maupun gurih.

7. Chiki balls

Chiki Balls jaman dulu kalau beli chiki balls pasti berasa kaya soalnya jajanan ini paling mahal di eranya. Dulu sekali, Chiki hanya mengeluarkan rasa kaldu ayam dan keju, kemudian berkembang dengan rasa coklat dan chiki dalam bentuk stik. Yang paling diminati adalah mainan kayak ‘tazoz’, sticker, penghapus kecil yang lucu-lucu di dalamnya. Tazoz ini yang paling hits di jamannya. Sampai-sampai setiap hari selalu ingin beli Chiki demi mendapatkan karakter tazoz yang satu seri untuk menyaingi koleksi teman sekolah.

8. Permen karet Yosan

Kalau Anda buka bungkusnya bisa ngumpulin konfigurasi huruf Y-O-S-A-N berarti Anda punya masa kecil yang indaaaah sekali karena tidak banyak anak kecil yang rajin untuk mengumpulkan bungkus permen untuk mendapatkan hadiah. Rasanya enak (pada zamannya) suka dimakan secara ‘massal’ biar menghasilkan efek balon yang heboh.

Jadi melayang ke masa kecil kan membaca artikel ini? Eits, anda pun tersenyum pula membacanya teringat akan kenakalan di era 90-an yang menyenangkan. (FIT)