Tak Hanya Manusia, di Turki Unta pun Jadi Pegulat

Foto: dawn.com

Turki, Sayangi.com – Memiliki berat rata-rata 750 kilogram dan tinggi 7 kaki menjadikan unta mampu membawa berat beban hingga 500 kilogram atau setengah ton. Kekuatan unta yang besar ini menimbulkan ide di benak manusia Turki untuk menjadikannya sebagai hiburan. Unta yang kuat itu dijadikan bulan-bulanan sebagai pegulat. Jika di India ada Festival Unta Sejagad atau Camel Fair Festival, di Turki ada Festival Gulat Unta.

Unta yang biasanya juga dijadikan alat transportasi jarak jauh karena kuat tak makan dan minum ini dijadikan hewan dalam adu gulat di Selcuk, Turki. Di kota Selcuk, gulat unta menjadi festival yang dihelat tiap tahun dan mengundang ribuan orang untuk datang melihatnya.

Festival yang diberi nama Selcuk – Efes Camel Wrestling Festival ini tiap tahunnya, dilakukan di bulan Januari. Karena unik dan menarik, festival Gulat Unta yang dijadikan sebagai acara hiburan awal tahun ini selalu dibanjiri penduduk Turki pun wisatawan mancanegara.

Diadakan di sebuah stadion kuno Efesus, dekat kota Selcuk, pertandingan Gulat Unta itu pun digelar. Sebelum masuk ke arena pertandingan, para unta ini didandani dengan memakai semacam pelana yang membuatnya tampak terlihat gagah.

Para Unta yang dinyatakan menang dalam pertandingan gulat ini adalah unta yang dapat menjatuhkan lawannya hingga tersungkur dan tidak dapat bergerak lagi. Selain itu unta yang dinyatakan kalah dalam pertandingan adalah unta yang ketika pertandingan sedang berlangsung ia meraung – raung kesakitan. Sedikit terlihat tak manusiawi dibandingkan dengan gulat yang dilakukan oleh manusia. Tapi pertunjukan gulat unta ini terbukti menjadi salah satu penarik wisatawan terbesar di Turki. (FIT)

Berita Terkait

BAGIKAN