Mensos Lepas Kontingen Special Olimpic Indonesia ke Australia

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com– Untuk berpartisipasi dalam agenda Olympic Asian Games yang akan dihelat di Australia, Menteri Sosial, Salim Segaf Al Jufrie melepas para kontingen Special Olympics Indonesia (SOina) ke ajang spesial olimpiade Asia Pasific Regional Games 2013, di New Castle, Australia.

Kontingen sebanyak 95 orang itu pelepasannya sendiri dilakukan di Gedung Kementerian Sosial (Kemensos), Salemba Jakarta, Senin (26/11/2013).

“Keterbatasan fisik bukan alasan untuk berpartisifasi bagi para penyandang cacat disabilitas. Kontingen yang diberangkatkan ada 95 orang dengan rincian 68 atlet, 18 pelatih, dan 6 asisten pelatih,” ujar Salim.

Seperti diketahui, Spesial Olyimpic Internasional (SOI) adalah sebuah ajang pergelaran olimpiade antar negara, khusus anak-anak yang berkebutuhan khusus. Kegiatan ini juga telah diakui oleh Internasional Olympics Commitee (IOC) sebagai organisasi yang mempunyai kekhususan dalam membina dan mengembangkan olahraga khusus bagi penyandang tunagrahita.

“Semua atlit yang dikirim sudah melewati seleksi yang ketat, dan telah melalui pelatihan untuk mempersiapkan kondisi fisik dan mental psikologi supaya bisa bertanding sesuai harapan bangsa,” ujarnya.

Indonesia sendiri melalui SOIna, akan memberangkatkan 95 orang atlit yang akan berlaga di 7 cabang olahraga pada tanggal 30 November sampai 7 Desember 2013, di New Castle, Australia.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Special Olympics Indonesia, Pudji Hastuti memberikan penilaian sendiri terhadap ajang tersebut.

Menurut dia, ajang olimpiade kali ini akan diikuti 27 Negara di wilayah Asia Pasifik dan 5 Negara dari Wilayah timur dengan 7 cabang olah raga, seperti Atletik, Tenis Meja, Basket, Bola, Renang, Badminton, dan Bocce.

“Ajang tersebut melibatkan 27 Negara di Wilayah Asia Paifik dan 5 Negara Wilayah Asia Timur, dengan melibatkan sekitar 1750 atlit, 450 pelatih, 4000 relawan ke New Castle,”pungkas Pudji. (VAL)