Uni Eropa Segera Cabut Sanksi Untuk Iran

Perancis, Sayangi.Com- Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius mengatakan, Uni Eropa (UE) dapat mencabut sejumlah sanksi atas Iran paling cepat bulan depan (Desember) sebagai bagian dari kesepakatan program nuklir Teheran.

Kesepakatan itu dicapai antara Iran dan perwakilan Amerikat Serikat serta UE di Jenewa pada hari Minggu (24/11) setelah melalui perundingan intensif selama empat hari. Harga minyak di pasaran dunia pada hari Senin (25/11) langsung turun menyusul kesepakatan tersebut.

Berbicara pada radio Europe 1, Fabius mengatakan bahwa para menteri luar negeri Uni Eropa akan berkumpul bersama dalam beberapa pekan mendatang untuk mengajukan proposal guna mencabut sejumlah sanksi yang harus disetujui oleh 28 negara anggota UE.

“Pencabutan sanksi ini terbatas, tepat sasaran dan tidak dapat diubah,” katanya, seraya menambahkan bahwa hal tersebut akan dilakukan “pada bulan Desember”.

Laurent Fabius juga mengatakan bahwa Israel, yang mengecam kesepakatan pada hari Minggu itu sebagai kesalahan bersejarah, tidak mungkin melakukan serangan pada Iran karena tidak ada yang akan memahami langkah Israel itu pada tahap ini.

Seperti diberitakan Sayangi.Com sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Nentanyahu menyebut kesepakatan tentang pembatasan program nuklir Teheran sebagai kesalahan bersejarah.

Netanyahu mengatakan akan mengirim utusan keamanan ke Washington untuk membicarakan perjanjian dengan Iran itu.

Presiden Barack Obama menyambut baik usaha diplomatik yang berhasil mencapai perjanjian nuklir dengan Iran, setelah terjadinya ketegangan selama puluhan tahun. Namun Obama mengatakan bisa memahami sikap Israel yang skeptis atas komitmen Iran tersebut, dan berjanji untuk membicarakan lebih lanjut dengan sekutu dekatnya itu. (AFP/BBCIndonesia)

Berita Terkait

BAGIKAN