Johan Budi: KPK Belum Merasa Perlu Periksa SBY

Foto: sayangi.com/Okky

Jakarta, Sayangi.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum akan berniat meminta keterangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait masalah Bank Century. Menurut juru bicara KPK Johan Budi, tidak semua kasus yang dilakukan menteri, guburnur Bank Indonesia atau jabatan lainnya di pemerintahan di bawah prediden harus melibatkan presiden sebagai atasan.

“Sejauh ini tidak ada rencana dan tidak melihat ada urgensi meminta keterangan presiden,” ujar Johan Budi saat diwawancara stasiun televisi swasta Senin (25/11/2013) malam.

Kepada Johan ditanyakan tentang adanya perbedaan keterangan Wapres Boediono sebagai mantan Gubernur BI dengan mantan Wapres Jusuf Kalla. Boediono usai diperiksa KPK mengatakan, BI harus memberikan dana talangan kepada Bank Century (BC) karena jika ditdak diberikan dana talangan BC akan gagal dan berdampak sistemik terhadap perekonomian nasional. Sedangkan Jusuf Kalla menyatakan kegagalan yang dialami BC tidak akan berdampak sistemik bagi perekonomian nasional karena BC itu bank kecil.

Johan menambahkan, penyidik KPK akan mendalami dua keterangan yang berbeda tersebut, antara lain dengan meminta keembali keterangan dari JK dan Boediono. Namun demikian, KPK belum merasa perlu meminta keterangan SBY. (S2)

Berita Terkait

BAGIKAN