Surat PM Abbott Buat SBY Disampaikan Lewat Seorang Jenderal

Foto: Alan Porrit/AAP

Canberra, Sayangi.com – Sebuah laporan dari ibukota Australia pagi ini, Selasa (26/11) mengonfirmasi, surat balasan PM Australia Tony Abbott untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ternyata diantar langsung oleh seorang Jenderal Australia.

Radio Australia (AB) menyebut,adalah mantan Panglima Angkatan Darat Australia, Letjen Peter Leahy yang dipilih sebagai “kurir” alias pihak yang mengantar secara langsung surat penjelasan Tony Abbott kepada Presiden SBY, terkait kasus penyadapan telepon yang dilakukan Australia terhadap sejumlah petinggi Indonesia.

Kabar ini telah dikonfirmasi oleh kantor Perdana Menteri Australia.

Pemerintah Indonesia meminta penjelasan dari pemerintah Australia terkait tuduhan bahwa Australia menyadap telepon SBY dan istrinya, Ani Yudhoyono, serta sejumlah orang dekatnya pada tahun 2009 lalu.

Akibat pemberitaan tentang kegiatan spionase tersebut, SBY telah menghentikan sementara kerjasama militer dan intelijen dengan Australia, dan menulis surat yang ditujukan pada Abbott terkait insiden ini.

Menurut kantor Perdana Menteri Australia, Letjen Leahy secara khusus telah diminta mengantar langsung surat balasan dari PM Abbott sebagai bentuk penghormatan. “Perdana Menteri memandang bahwa perlu suratnya dikirimkan dengan penghormatan yang pantas, mengingat pentingnya masalah terkait dan mengingat penghargaan terhadap Presiden Yudhoyono,” jelas Leahy dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, Juru Bicara dari Oposisi untuk Bidang Imigrasi, Richard Marles, berkomentar bahwa tindakan ini pantas, terutama mengingat latar-belakang militer Presiden SBY.

“Telah berlangsung hubungan ekstensif antara kedua negara, dan ada pertalian alumni kuat yang berlangsung antara mereka yang telah bertugas di kedua angkatan bersenjata. Kami sangat mendukung apa yang ingin dilakukan Pemerintah,” ucap Marles. (MSR)