Mariculture, Ladang Uang Yang Terlupakan

Foto: kkpb.go.id

Jakarta, Sayangi.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo bertekad mendorong percepatan mariculture atau budidaya laut, di Indonesia dinilai memiliki potensi dan prospek bisnis sangat besar.

“Budidaya laut atau mariculture saat ini menjadi usaha yang mempunyai prospek cerah dan peluang sangat besar,” kata Sharif Cicip Sutardjo dalam keterangan tertulisnya, seperti dikutip oleh Kantor Berita Antara di Jakarta, Selasa (26/11).

Ia memaparkan, selain rumput laut, berbagai jenis ikan konsumsi bernilai jual tinggi bisa dikembangkan dalam mariculture seperti ikan kerapu, bawal bintang, kakap putih dan kakap merah.

Selain itu, ujar dia, prospek pengembangan budidaya laut khususnya pada area “off shore” (lepas pantai) mempunyai peluang besar sebagai alternatif usaha yang prospektif bagi masa depan perikanan budidaya.

“Strategi budidaya laut kedepan melalui pengembangan budidaya laut lepas pantai atau Offshore Farm Fish berbasis pola pengembangan kawasan melalui pola kemitraan,” katanya.

Menteri Kelautan dan Perikanan juga mengingatkan bahwa Indonesia saat ini berada pada peringkat kedua sebagai negara produsen perikanan budidaya terbesar di dunia setelah Cina. (MSR)

Berita Terkait

BAGIKAN