Jepang Akan Lakukan Apapun Untuk Lindungi Senkaku dari Cina

Foto: telegraph.co.uk

Tokyo, Sayangi.com – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berjanji akan melakukan berbagai cara untuk melindungi wilayah Jepang dari upaya apapun yang dilakukan Cina dalam mengubah status quo di Laut Cina Timur.

Media milik Pemerintah Jepang, HNK mengabarkan, dalam sidang Parlemen, Abe mengkritik Cina yang menciptakan zona identifikasi pertahanan udara mencakup wilayah udara di atas Kepulauan Senkaku. Jepang menguasai kepulauan tersebut, namun juga diklaim oleh Cina dan Taiwan.

Abe menuduh Cina berupaya secara sepihak mengubah status quo di Laut Cina Timur. Ia mengatakan sikap tersebut sangat berbahaya karena akan memperburuk suasana dan dapat mengundang insiden yang tidak diharapkan.

Saat mengumumkan zona identifikasi pertahanan udara itu Sabtu kemarin, Kementerian Pertahanan Cina juga menyatakan bahwa pesawat yang terbang melintasi zona tersebut harus melaporkan rencana penerbangan kepada pihak otoritas Cina serta mematuhi perintah Kementerian. Dikatakan bahwa pasukan bersenjata akan mengambil langkah darurat pertahanan atas pesawat yang tidak mengidentifikasi diri dan melanggar perintah kementerian.

Abe mengatakan, zona tersebut menunjukkan wilayah udara di atas Kepulauan Senkaku sebagai wilayah teritorial Cina yang sama sekali tidak dapat diterima. Ia mengatakan zona tersebut melanggar kebebasan terbang di atas laut lepas yang dijamin oleh hukum internasional.

Abe menekankan bahwa aturan itu tidak berlaku bagi Jepang dan ia menuntut Cina agar mencabut semua tindakan terkait zona tersebut.

Abe juga menambahkan bahwa Jepang tengah bekerjasama erat dengan Amerika Serikat mengenai masalah tersebut dan akan bekerjasama dengan negara-negara lainnya untuk mendesak Cina agar menahan diri. (MSR)