DPR Setujui Pengesahan RUU Administrasi Kependudukan

Foto: dpr.go.id

Jakarta, Sayangi.com – Rapat Paripurna DPR memutuskan menyetujui pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perubahan atas Undang-Undang No.23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

“Dengan demikian kami menyetujui RUU Perubahan atas UU No.23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, demi terwujudnya sistem administrasi kependudukan yang lebih praktis dan efisien,” kata Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso yang memimpin Rapat Paripurna tersebut di Gedung Nusantara II DPR, Jakarta, Selasa (26/11).

Menurut Wakil Ketua Komisi II DPR Arif Wibowo, rapat paripurna tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat kerja Komisi II DPR dengan Menteri Dalam Negeri, Menteri Hukum dan HAM, dan Menteri Keuangan. Dalam rapat tersebut fraksi-fraksi di Komisi II DPR dan pemerintah menyetujui RUU perubahan undang-undang Nomor 23 tahun 2006.

“Ada 31 perubahan, baik secara redaksional, substansial, penambahan ayat, penambahan pasal, penambahan bab serta penghapusan ayat. Semua perubahan telah disetujui,” katanya.

Dengan demikian lanjut Arif, “Secara keseluruhan, lahirnya RUU Perubahan atas UU No 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan ini merupakan sebuah tonggak bagi terwujudnya data kependudukan yang lebih baik guna proses pembangunan demokrasi yang lebih baik pula di Indonesia”. (GWH)