6 Ruas Tol Baru Akan Dibangun Jokowi

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Upaya untuk menambah ruas jalan di Jakarta terus diupayakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sedikitnya 6 ruas jalan tol segera di bangun Pemprov dalam waktu dekat.

Hal ini diutarakan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, proyek pembangunan 6 ruas jalan tol dalam kota tersebut dibagi menjadi empat tahap dan direncanakan selesai pada tahun 2022.

“Memang Kita lanjutkan lagi pembangunan jalan tol dalam kota. Pembangunannya dibagi empat tahap. Prediksinya 2022 sudah selesai,” kata Jokowi kepada wartawan di Balaikota DKI, Selasa (26/11).

Dijelaskan Jokowi, empat tahap pembangunan ruas jalan tol dalam kota itu, yakni: Tahap pertama, ruas Semanan-Sunter sepanjang 20,23 kilometer dengan nilai investasi Rp 9,76 triliun dan koridor Sunter-Pulo Gebang sepanjang 9,44 kilometer senilai Rp 7,37 triliun.

Tahap kedua, Duri Pulo-Kampung Melayu sepanjang 12,65 kilometer dengan nilai investasi Rp 5,96 triliun dan Kemayoran-Kampung Melayu sepanjang 9,60 kilometer senilai Rp 6,95 triliun.

Tahap ketiga, koridor Ulujami-Tanah Abang dengan panjang 8,70 kilometer dan nilai investasi Rp 4,25 triliun.

Serta tahap keempat, yaitu Pasar Minggu-Casablanca sepanjang 9,15 kilometer dengan investasi Rp 5,71 triliun.

Total panjang ruas enam tol dalam kota adalah 69,77 kilometer. Jika sudah selesai, keenam ruas tol itu akan menjadi satu dengan tol lingkar luar milik PT Jakarta Tollroad Development, tapi tarifnya akan terpisah dengan tol lingkar luar.

“Yang enam ruas jalan tol itu juga bisa menjadi tambahan rasio jalan di Ibu Kota, tapi masih terus dibahas. Proyeknya segera dilaksanakan,” papar Jokowi. (GWH)