PKS Tolak Penghapusan Kolom Agama pada KTP

Foto: islamedia

Jakarta, Sayangi.com – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menolak ide penghapusan kolom agama pada kartu tanda penduduk (KTP).

“Kami menolak ide itu,” tegas Ketua DPP PKS Jazuli Juwaini di Jakarta, Kamis (28/11).

Pernyataan kontra dari petinggi PKS ini menanggapi usulan sejarawan dari LIPI Asvi Warman Adam, kemarin. Dalam acara ‘Dengar Kesaksian Para Korban HAM’ yang digelar Koalisi Keadilan dan Pengungkapan Kebenaran (KKPK), Asvi mengusulkan agar kolom agama dalam KTP dihapus.

Menurut Asvi, pencantuman kolom agama dalam KTP menimbulkan benturan antara kelompok mayoritas dengan minoritas. Penghapusan kolom agama dinilai sebagai bentuk penghargaan pada perbedaan.

Jazuli menambahkan, pencantuman tersebut bukan dimaksudkan sebagai bentuk diskriminasi tetapi identitas. Sebab, semua agama di negara RI telah memiliki pengakuan yang sama dari negara.

Jazuli menegaskan, tak ada suatu agama yang diistimewakan atau direndahkan. Selain itu, pencantuman kolom agama juga untuk kepentingan administrasi seperti pengurusan pernikahan, kematian, dan lain-lain.

“Justru kalau KTP tidak mencantumkan kolom agama nanti ada pihak-pihak tertentu yang menyalahgunakannya,” tutup Jazuli yang baru saja aktif menyelesaikan UU Administrasi Kependudukan di Komisi II. UU Administrasi Kepndudukan itu sendiri telah disahkan oleh paripurna DPR Selasa (26/11).(GWH)