29.5 C
Jakarta
Minggu, 22 Oktober 2017

DPR Sebut Polri Tidak Berdaya Hadapi Orang Kaya

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Komisi III DPR RI, Pieter C Zulkifli menilai, ada fenomena ketidakberdayaan polisi saat berhadapan dengan orang kaya. Akibatnya penegakan hukum hanya berlaku pada orang yang tak berduit dan miskin.

“Penindakan hukum yang dilakukan Polri jangan tajam saat berhadapan dengan orang miskin, tapi tumpul saat berhadapan dengan orang-orang yang memiliki uang,” kata Pieter di Jakarta, Sabtu (30/11/2013).

Fenomena lain yang terjadi di Polri adalah tradisi “menjilat” untuk mendapatkan jabatan yang semestinya tidak dilakukan oleh anggota Polri.

“Dalam konteks universal, masih banyak polisi yang hatinya merah putih, tetapi mereka justru tidak ditempatkan dengan layak. Sebaliknya orang orang yang pandai menjilat kepada pimpinannya. Justru menduduki posisi-posisi penting fenomena ini harus diubah sehingga menciptakan iklim kerja yang baik dan profesional,” jelasnya.

Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, Polri harus membuka diri, mengayomi dan melayani masyarakat dengan semaksimal mungkin sehingga masyarakat tidak lagi merasa takut ketika berhadapan, datang ke kantor polisi.

“Kita coba belajar pada Presiden SBY. Jika pada hari Lebaran ada ‘open house’ dimana masyarakat bisa langsung bertatap muka. Begitu juga dengan Polri, dengan begitu Polri bisa melihat apa yang menjadi keinginan dan kerinduan masyarakat selama ini,” katanya.