AS kepada Maskapai Swasta: Ikuti Saja Dulu Maunya Cina

Foto: AFP

Washington, Sayangi.com – Pemerintah Jepang dan Amerika Serikat (AS) resmi menolak zona udara yang dideklarasikan oleh Cina pekan lalu. Namun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, AS minta maskapai-maskapai penerbangan komersial mematuhi klaim Cina tersebut.
 
Amerika Serikat menyarankan agar kalangan penerbangan komersial Amerika memberitahu Beijing tentang rencana penerbangan di atas zona identifikasi pertahanan udara Cina yang baru saja dideklarasikan, meskipun para pejabat Amerika mengatakan kepatuhan itu tidak menunjukkan penerimaan pemerintah Amerika terhadap persyaratan yang ditetapkan oleh Cina itu.

Kementerian Pertahanan Cina pekan lalu menyatakan bahwa semua pesawat di zona itu harus mengidentifikasi diri dan mematuhi perintah Cina. Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan menolak mengakui zona udara yang dideklarasikan oleh Cina itu. Ketiga negara menantang dengan mengirim pesawat militer. Amerika Serikat, yang diwajibkan oleh perjanjian untuk membela Jepang dan Korea Selatan, berusaha menegaskan sikapnya dengan menerbangkan dua pesawat pembom B-52 di atas kepulauan itu minggu ini.

Hari Jumat, Cina mengatakan pihaknya telah mengirim dua jet tempur untuk memonitor pesawat Amerika Serikat dan Jepang yang terbang ke zona pertahanan udara yang baru saja dideklarasikan di atas Laut Cina Timur. (MSR/VOA)

Berita Terkait

BAGIKAN