Israel Bakal Gempar, Obama Berencana Kunjungi Iran

Foto: telegraph.co.uk

Kabul, Sayangi.com – Sebuah surat kabar yang terbit di Kuwait, seperti dikutip oleh Kantor Berita Antara, Sabtu (1/12) kemarin waktu setempat menyatakan, Presiden Amerika Serikat Barack Obama sedang menunggu undangan resmi dari mitranya, Presiden Iran Hassan Rouhani untuk mengunjungi Iran.

Surat kabar Kuwait berbahasa Arab itu, Al-Jarida, menambahkan bahwa Presiden Obama tampaknya bersedia menjadi Presiden Amerika pertama yang mengunjungi Iran sejak kemenangan Revolusi Islam tahun 1979 di negara itu. Al-Jarida mengutip sumber diplomatik di Amerika Serikat.

Sumber tersebut mengatakan bahwa Presiden Obama bersedia untuk mengunjungi Iran pada pertengahan tahun 2014. Rincian kunjungan belum terungkap tetapi sudah ada rencana untuk melakukan hal itu, demikian Al-Jarida. Sumber itu juga menyebut, Presiden Obama berharap ke depan, ia dapat menerapkan kebijakan baru AS di kawasan Timur Tengah yang didasarkan pada prinsip-prinsip keseimbangan dan non-intervensi.

Belum diketahui apa reaksi di Israel mendengar bocoran rencana tersebut. Selama ini, Israel paling kukuh mencurigai pulihnya hubungan baik AS-Iran, dengan menuduh Iran sebagai negara yang tidak bisa dipercaya. (MSR)