Dishut Musi Rawas Patroli Illegal Loging di Musim Hujan

Foto: libregraphics.asia

Musirawas, Sayangi.com – Dinas Kehutanan Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan melakukan patroli illegal Loging pada saat musim penghujan karena transportasi hasil tebangan liar itu melalui sungai.

“Pada musim penghujan biasanya marak terjadi penebangan kayu liar karena seluruh anak sungai akan meluap dan memudahkan mengangkut kayu curian tersebut”, kata Kepala Dinas Kehutanan Musirawas Nawawi, Minggu (12/11).

Ia mengatakan, daerah paling rawan terjadi peraktek penebangan kayu liar itu terjadi di kabupaten pemekaran Musirawas Utara (Muratara) apalagi daerah itu belum ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kehutanan.

“Kami tetap akan melakukan patroli rutin untuk mencegah peraktek pencurian kayu dalam kawasan hutan lindung dan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) daerah itu,” ujarnya.

Sekarang Dishut Musirawas sudah koordinasi dengan camat dan kepala desa yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan.

Patroli ilegal loging tersebut selain menurunkan sejumlah polisi kehutanan, juga akan melibatkan anggota TNI dan Polri setempat, tandasnya.

Kepala Bidang Perlindungan Hutan Dishut Musirawas Tri Retianto mengatakan, patroli akan lakukan itu setiap saat bila mendapatkan informsi dari masyarakat.

“Kami berharap kerjasama dengan pihak terkait agar bisa melakukan pencegahan ilegal loging tersebut, disamping berkoordinasi dengan pihak Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) karena kawasan itu sangat rawan akan terjadi pembalakan kayu liar, ujarnya.

Sebelumnya Dishut Musirawas berhasil mengamankan puluhan meter kubik kayu tanpa dekomen diangkut melalui jalan darat dari Kecamatan Ulu Rawas dan diduga kuat hasil ilegal loging.

Camat Rawas Ulu Burlian membenarkan, bahwa kayu didiuga ilegal itu banyak diangkuat dari arah Kecamatan Ulu Rawas dan melintas di Kecamatan Rawas Ulu setempat.

Jarak antara Kecamatan Rawas Ulu – Kecamatan Ulu Rawas sekitar 30 kilometer, wilayah Ulu Rawas dikelilingi kawasan hutan lindung dan TNKS, ujarnya. (ANT)

Berita Terkait

BAGIKAN