Anas Urbaningrum: Mulyana Halus, Tapi Kuat Bagai Karang

Foto: Sayangi.com/Chapunk

Jakarta, Sayangi.com – Meninggalnya Mulyana Wira Kusumah pada Minggu (1/12/2013) malam menyisakan duka bagi banyak kalangan. Salah satunya adalah Anas Urbaningrum, yang merupakan sahabat sekaligus rekan kerja Mulyana saat keduanya masih sama-sama menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) 1999-2004 lalu.

Anas pun mengucapkan belasungkawa yang mendalam atas berpulangnya aktivis pro demokrasi sekaligus Krimonolog Universitas Indonesia itu. Melalui akun twitternya, Anas menulis testimoni yang menjadi kenangan persahabatan mereka, dengan menggunakan hashtag #kenangmulyana.

“Umur kuasa Tuhan. Hari ini, saya dapat kabar mengejutkan. MWK (Mulyana W. Kusumah, red) dipanggil kembali oleh Yg Maha Mengatur Umur,” tulis Anas, beberapa saat setelah meninggalnya Mulyana, Minggu (1/12/2013).

“Mengiringi doa, semoga amal baiknya diterima, khilafnya dimaafkan. Semoga damai dan tenang di sisi-Nya. Amin.”

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat ini mengaku sekitar tiga minggu lalu, ia sempat membesuk Mulyana di Dharmais, Jakarta. Saat itu, Anas mengaku kondisi Mulyana sudah tampak membaik. Mereka pun mengaku ‘ngobrol’ cukup lama.

Anas pun memuji sahabatnya itu sebagai pribadi yang kuat dan pekerja keras.

“Semangat persahabatannya tinggi, komitmen perkawanannya hebat. MWK yg halus, tetapi kuat bagai karang,” tulisnya.

“MWK orangnya halus, toleran dan penuh tepo-seliro. Saya belum pernah lihat dia marah. Sabar luar biasa.”

Banyak kultwit yang ditulis oleh Anas melalui akunnya ini. Terutama menyangkut kenangan-kenangan mereka, termasuk ketika masih bersama di KPU.

“Selama di KPU, kalau ada rombongan yg “demo” atau ingin sampaikan aspirasi, biasanya MWK dan saya yg ditugasi menerima,” tulisnya.

“Ketika saya berhenti dan kemudian diminta membantu di Demokrat, MWK termasuk yg menyemangati.”

“Terlalu banyak kenangan bersama MWK yg bisa diceritakan. MWK juga hadir waktu peresmian Rumah Pergerakan.”