Gubernur Port Moresby Provokasi Indonesia

Foto: freewestpapua

Port Moresby, Sayangi.com РBelum selesai urusan dengan Australia, satu negara tetangga lagi membuat masalah. Gubernur Port Moresby Рibukota Papua Nugini РPowes Parkop dikabarkan dengan sengaja mengibarkan bendera Bintang Kejora, bendera  gerakan Papua Merdeka yang dilarang di Indonesia.

Radio Australia melaporkan, Powes tetap bersikeras mengibarkan bendera tersebut, meski dilarang oleh Perdana Menteri Papua Nugini Peter O’Neill. Ratusan pengungsi Papua kini berada di Port Moresby, dan melakukan pawai 1 Desember menuntut kemerdekaan dari Indonesia.

Sebelumnya, pihak Kepolisian Port Moresby memperingatkan pengungsi Papua untuk tidak melakukan aksinya, namun peringatan itu tidak diindahkan. Pawai berlangsung di jalan-jalan kota itu, dan berakhir di Balai Kota Port Moresby, Minggu (1/12). Di tempat itulah, Gubernur Powes Parkop melakukan pengibaran bendera Bintang Kejora.

“Rakyat sekalian, sudah 50 tahun terakhir kita diam, buta, tidak mau melihat, tidak mau mendengar, tidak mau bicara. Namun esok hal itu harus berubah,” katanya di depan massa. Tampak hadir di pawai 1 Desember itu adalah aktivis Papua Merdeka Benny Wenda dan seorang aktivis dari Australia Jennifer Robinson.

Pihak Imigrasi Papua Nugini sendiri telah mengancam akan menindak warganegara asing di negara itu yang terlibat dalam kegiatan politik. (MSR)

Berita Terkait

BAGIKAN