Terkait HUT OPM, Polisi: Papua Aman Terkendali

Foto: Antara

Timika, Sayangi.com – Sekelompok massa dalam jumlah yang tidak terlalu besar menggelar doa memperingati Hari Ulang Tahun Papua Merdeka bertempat di samping Kantor Dinas Peternakan Mimika Jalan Sosial, Kebon Sirih Timika pada Minggu (1/12).

Dikabarkan, ibadah berlangsung lancar mulai pukul 14.00 WIT hingga pukul 18.00 WIT.

Hal ini dibenarkan oleh Kabag Ops Polres Mimika Komisaris Polisi Arnolis Korwa kepada Antara di Timika, Senin. “Amannya situasi kamtibmas di Timika berkat dukungan seluruh pihak yang menginginkan Timika aman dan damai. Secara umum kondusif baik sebelum maupun setelah tanggal 1 Desember 2013,” kata Kompol Korwa.

Polres Mimika mengerahkan sekitar 300 personelnya dan didukung satu kompi Brimob Detasemen B Polda Papua dan unsur TNI untuk mengamankan Timika pada 1 Desember 2013 yang merupakan hari ulang tahun kelompok separatis organisasi papua merdeka (opm).

Pada Sabtu (30/11) malam hingga Minggu (1/12), aparat melakukan pengamanan di berbagai sudut Kota Timika. Pengamanan difokuskan pada sejumlah tempat yang dianggap rawan terjadi aksi pengibaran bintang kejora.

“Syukurlah kali ini kita tidak menemukan hal-hal seperti biasanya. Kita berharap lambat laun hal-hal seperti itu tidak perlu ada. Kita mengingatkan pihak-pihak tertentu untuk tidak memprovokasi masyarakat dan membohongi diri dan orang lain,” tutur Korwa.

Menurut Korwa, Polres Mimika terus melaksanakan pengamanan hingga tiga hari ke depan.

“Tanggung jawab kami sebagai polisi untuk memberikan rasa aman dan nyaman serta menghilangkan rasa was-was dari masyarakat yang memang menginginkan Timika aman dan damai. Kita harapkan masyarakat mengisi alam kemerdekaan ini dengn melakukan hal-hal positif untuk hidup dan masa depan keluarga mereka,” ujar Korwa.