Lion Air Terlantarkan Penumpang Dua Jam

Ilustrasi foto: aviationnews

Jambi, Sayangi.com – Ratusan penumpang Loin Air dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng dengan tujuan Jambi dan Medan, Minggu malam terlantar hingga dua jam dari jadwal pemberangkatan.

Sementara itu, di ruang pemberangkatan di B4 tidak ada satu orangpun petugas armada udara yang kelihatan di tempatnya. Melihat kondisi ini, para penumpang tujuan Jambi dan Medan mulai terlihat gelisah, karena hingga melampaui waktu keberangkatan tidak ada pemberitahuan dari pihak Loin Air.

Akibatnya, beberapa petugas yang ada di meja yang sama menjadi sasaran pertanyaan para penumpang. Kepada Kantor Berita Antara, Chaidir, salah seorang penumpang tujuan Jambi dengan nomor penerbangan JT O606 mengaku kesal terhadap pelayanan Loin Air yang jadwalnya tidak tepat seperti yang tertera di tiket pesawat.

“Bagaimana ini, kalau memang ada penundaan, harusnya ada pemberitahuan. Ini sama saja menelantarkan penumpang,” katanya dengan nada sedikit emosi. Chaidir pun sempat mempertanyakan soal kompensasi dari pihak Lion terhadap penumpang. “Sebagaimana ketentuan yang tertulis di papan tulis,” katanya sembari menunjuk papan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM 49 Tahun 2012 tentang standar pelayanan penumpangan kelas ekonomi angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri.

Chaidir juga menyayangkan buruknya pelayan pihak maskapai Lion Air yang tidak menyediakan air mineral bagi penumpang yang menunggu lama. “Boleh saja menunggu, tapi sediakan juga fasilitas air minum bagi penumpang,” tukasnya.

Menanggapai masalah ini, Agus salah seorang staf Lion Air yang muncul sekitar sepuluh menit kemudian menjelaskan, pihaknya masih menunggu pesawat dari Jambi yang belum datang. “Untuk pesawat tujuan jambi, kita minta maaf. Pesawatnya belum datang. Jadi mohon ditunggu,” katanya. “Kami sudah menyiapkan snack dan air minum untuk seluruh penumpang.” (MSR)