Di Saudi, Dokter Pria Dilarang Autopsi Mayat Perempuan

Iustrasi foto: BBC

Riyadh, Sayangi.com – Otoritas keagamaan tertinggi di Arab Saudi mendesak Kementerian Kesehatan di negara tersebut untuk memastikan tidak ada lagi dokter-dokter pria yang mengautopsi jenazah perempuan.

Kantor Berita Inggris, BBC mengutip sebuah surat kabar Saudi, Okaz yang memberitakan, para pejabat sudah mengeluarkan perintah bahwa hanya dokter perempuan yang diizinkan memeriksa jenazah perempuan.

Sementara itu, pejabat di Kementerian Kesehatan, Abdulaziz bin Mohammed Al-Humaidhi mengatakan, surat edaran sudah dikirim ke berbagai kawasan di Saudi untuk memastikan keputusan tersebut diiindahkan oleh para dokter. Autopsi kadang dilakukan untuk mengetahui sebab-sebab kematian atau atas perintah lembaga penegak hukum.

Keputusan melarang dokter pria mengautopsi jenazah perempuan diambil untuk menindaklanjuti fatwa dari ulama besar Sheikh Abdul-Aziz al-Sheikh. Ia mengatakan, tubuh perempuan tidak boleh disentuh oleh pria lain yang bukan mukhrim, baik dalam keadaan hidup maupun meninggal. (MSR)