AS: Diplomat Rusia Tilep Dana Orang Miskin

Foto: VOA

Washington, Sayangi.com – Voice of America melaporkan, puluhan diplomat dari misi Rusia di PBB di New York dikenai dakwaan berbohong perihal penghasilan mereka, untuk mengeruk 1,5 juta dolar dana tunjangan program Medicaid AS.

Tim jaksa Amerika Serikat mendakwa 49 diplomat Rusia dan anggota keluarga mereka melakukan penipuan dalam skema ilegal untuk mendapat tunjangan kesehatan yang ditujukan bagi masyarakat miskin. Tim penyidik mengatakan, para diplomat dari misi Rusia di PBB di New York telah berbohong tentang jumlah penghasilan mereka. Penipuan itu dilakukan untuk mengeruk 1,5 juta dolar AS tunjangan program Medicaid Amerika. Tunjangan itu mencakup asuransi biaya terkait dengan kehamilan, kelahiran, dan perawatan bayi.

Masing-masing mereka didakwa dengan satu tuduhan konspirasi untuk melakukan penipuan asuransi kesehatan dan satu tuduhan konspirasi untuk mencuri dana Pemerintah Amerika.

Kantor berita Reuters melaporkan hanya sejumlah kecil mereka yang dikenai dakwaan itu masih tinggal di Amerika dan semuanya memiliki kekebalan diplomatik. Rusia harus memberi dispensasi sebelum penangkapan bisa dilakukan.

Juru bicara FBI Peter Donald mengatakan belum ada terdakwa yang ditangkap. Misi Rusia ke PBB tidak segera memberikan komentar atas dakwaan tersebut. (MSR)