Jalan Prapanca Ditutup, Ada Kaki Lima Night Market

Foto: istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Festival Kaki Lima Night Market kini tidak hanya digelar oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tapi Pemerintah Kota (Pemkot) di wilayah Jakarta pun mulai menggelar.

Pemerintah Kota Jakarta Selatan pada Sabtu (7/12) akan menutup Jalan Prapanca Raya. Alasannya di sepanjang jalan tersebut akan digelar Kaki Lima Night Market. Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai pukul 17.00 – 23.00 WIB.

Mengantisipasi kemacetan, seperti dilansir beritajakarta, petugas telah menyiapkan jalur pengalihan. Kendaraan yang dari arah Jl Iskandarsyah menuju Cipete dibelokkan ke Jl Nipah melewati Apartemen Kintamani.

“Yang dipakai hanya di sisi depan kantor walikota. Jadi kendaraan dari Jl Iskandarsyah belok ke Jl Nipah dan tembus lewat Apartemen Kintamani untuk ke arah Jl Pangeran Antasari,” kata Nurjanah, Kepala Suku Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP), Jakarta Selatan, Jumat (6/12).

Rencananya, akan ada 75 pedagang yang turut dalam Kaki Lima Night Market kali ini. Mereka terdiri dari 50 pedagang kuliner dan 25 multiproduk.

“Pedagang ini binaan dari setiap kelurahan yang ada di Jakarta Selatan. Nanti kita siapkan juga panggung hiburan,” kata Nurjanah.

Ditambahkan Nurjanah, untuk harga jual produk kuliner di acara ini pun sudah dibatasi. “Karena peserta tidak dikenakan biaya, jadi kalau makanan harganya tidak boleh lebih dari Rp 12.500 per porsi. Sedangkan air mineral tidak boleh lebih dari Rp 3.000,” tegasnya.

Dikatakan Nurjanah, pada 2014 nanti, kegiatan seperti ini akan rutin digelar setiap Sabtu dan Minggu. Hal ini sebagai salah satu langkah dari Pemprov DKI untuk mengatasi pelanggaran PKL yang kerap berdagang tidak pada tempat semestinya. “Jadi Pak Gubernur sangat mengharapkan pada 2014 nanti kegiatan seperti ini bisa diadakan setiap Sabtu dan Minggu. Ini salah satu upaya mengatasi maraknya pelanggaran PKL di Jakarta,” ungkapnya.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan, Arifin Hamonangan mengatakan, penutupan jalan di depan kantor Walikota Jakarta Selatan akan dimulai sejak Sabtu (7/12) pukul 00.00. “Dan akan dibuka lagi pada Minggu dinihari. Sementara untuk parkiran para pengunjung diarahkan ke dalam kantor walikota melalui pintu Jl Nipah,” ucapnya.(GWH)

Berita Terkait

BAGIKAN