Pertanian Dalam Kota Bakal Hadir di Marunda

Foto: istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membangun urban farming (pertanian dalam kota) di Marunda, Jakarta Utara. Menurut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, urban farming ini akan menjadi proyek pwercontohan di Jakarta.

“Kita memang mau membuatnya di Marunda ini sebagai percontohan. Urban farming-nya dibuat contoh oleh yang lainnya,” ujar Jokowi saat meninjau Rusunawa Marunda, Jakarta Utara, Jumat (6/12).

Menurut dia, seperti dikutip dari Antara, upaya tersebut dimatangkan dan diselesaikan agar manfaat bagi masyarakat menjadi kelihatan.

“Selain itu, ada pelatihan las, sudah ada yang nerima. Salon, kecil-kecil lah. Menurut kita kecil-kecil tapi itu sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ujar dia.

Terkait dengan pelayanan kesehatan, ia mengatakan sudah komplit karena puskesmas maupun klinik bersalin sudah ada.

“Tempat bersalinnya itu bantuan, untuk tenaga medisnya menggunakan sistem shift dan itu tidak ada masalah,” ujar dia.

Ia mengatakan di kawasan ini nanti akan dibangun 200 blok rumah susun lagi pada tahun depan sehingga akan menjadi komplek rusun yang tertata dengan rapi.

“Tata ruangnya tertata, RTH-nya tertata, ruang publik bermainnya tertata, sekolahnya juga sama disiapkan semuanya. Tapi kan dadakan semuanya kita kerjain,” kata dia.

Untuk transportasi, ia mengatakan memang harus terintegrasi dengan fasilitas lainnya seperti pasar maupun klinik.

“Memang harus terintegrasi, pasar ada, kliniknya ada. Transportasi ga jadi problem. Tadi memang keluhannya di transportasi. Itu yang mau kita kerjain. Seminggu lah paling tidak,” ujar dia.(GWH)