Tujuh Aktor Film yang Sukses Memerankan Nelson Mandela

Foto: vulture.com

Jakarta, Sayangi.com – Kabar wafatnya mantan presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela di usianya yang 95 tahun sontak membuat rakyat Afrika, bahkan seluruh dunia berduka. Pasalnya, Mandela adalah salah satu tokoh yang sukses menyatukan rakyat Afrika Selatan melalui gerakan anti apartheid yang dipimpinnya. Hal tersebut yang membuat Mandela pada akhirnya menjadi sosok pemimpin yang tersohor di dunia, terutama di benua Afrika.

Selain itu, Mandela juga pernah meraih hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1993 silam dan terpilih sebagai Presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan pada tahun 1994 serta menjadi salah satu ikon tokoh yang kulit hitam di dunia.

Mandela sendiri dikabarkan wafat setelah menjalani perawatan selama 3 bulan di rumah sakit karena infeksi paru–paru. Berdasarkan setumpuk perjuangan yang tak kenal lelah tersebut, maka tak sedikit film yang mengangkat mengenai ketokohan dan juga perjuangannya semasa hidup. Adapun pemeran Mandela di setiap filmnya diperankan oleh aktor-aktor kawakan yang berbakat.

Di bawah ini tujuh tokoh yang pernah didaulat memerankan Nelson Mandela dalam kurun waktu 25 tahun terakhir.

1. Danny Clover dalam film bertajuk Mandela (1987)
2. Dennis Haysbert dalam film bertajuk Goodbye Bafana (2007)
3. Clarke Peters dalam film bertajuk End Game (2009)
4. Morgan Freeman dalam film bertajuk Invictus (2009)
5. David Harewood dalam film bertajuk Mrs. Mandela (2011)
6. Terrence Howard dalam film bertajuk Winnie Mandela (2011)
7. Idris Elba dalam film bertajuk Mandela : Long Walk To Freedom (2013)

Dari film-film Mandela tersebut, tercatat dua aktor pemeran Mandela yang mendapat penghargaan, yakni Danny Glover dalam film serial televisi bertajuk “Mandela” (1987) sempat menjadi nominasi Emmy Award dan Morgan Freeman meraih piala Oscar dalam film yang bertajuk “Invictus”(2009).

Selain itu, kisah kehidupan mendiang Nelson Mandela tidak akan lekang dimakan waktu dan akan tetap menarik untuk diangkat menjadi tema film-film berikutnya. (VAL/investordaily)

Berita Terkait

BAGIKAN