Sensasi Rasa Unik Botok Lebah yang Menyengat

rochmany.blogspot.com/faktailmiah.com

Sayangi.com – Jika umumnya kuliner botok terbuat dari berbagai bahan utama yang berbeda-beda, seperti lele, jamur, daging, tahu dan masih banyak lagi, di Madiun terbuat dari bahan dasar yang agak ekstrim yakni sarang lebah, larva dan juga lebah muda.

Mungkin bagi sebagian orang, bahan botok khas Madiun ini menjijikan. Tetapi, walaupun demikian, jangan ditanya masalah rasa. Botok unik ini ternyata memiliki rasa gurih dan juga kenyal yang menyengat. Biasanya botok lebah ini dinikmati dengan nasi putih pulen yang hangat, dijamin rasanya sangat enak.

Disamping enak, ternyata botok lebah ini juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, diantaranya mengatasi alergi terhadap antibiotik, mengatasi demam, diare pada anak, mengatasi penyakit asma, meningkatkan stamina pria, meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita, dan juga mengatasi kista bagi wanita.

Hmm, sudah rasanya enak dan khasiatnya juga banyak, mungkin anda berani mencobanya.

Berikut kami sajikan bahan dan cara membuat botok lebah ini”

Bahan – bahan
– Larva lebah muda yang masih di dalam sarang
– Kelapa muda 1 buah
– Daun pisang secukupnya
– Lidi secukupnya

Bumbu Botok
– Bawang merah 5 siung
– Bawang putihj 2 siung
– Kunyit ½ ruas jari
– Kencur ½ ruas jari
– Daun salam 3 lembar
– Gula merah ½ sdm
– Terasi 1 sdt
– Garam 1sdt

Cara membuat Botok
Sebelum dimasak, disarankan untuk merebus terlebih dahulu larva yang masih di dalam sarang lebah. Hal tersebut dilakukan agar lilin sarang dapat terpisah dari larvanya.

Kelapa muda diparut kemudian semua bumbu dihaluskan. Lalu Tawon muda dan bumbu diaduk dan diberi air kelapa

Selanjutnya, adonan dibungkus dengan menggunakan daun pisang, disematkan lidi agar dapat terbungkus rapih dan dikukus sampai masak

((VAL/futikaresep.com)